BRI Ukir Senyum di Wajah para Siswa NTB Lewat Bantuan Renovasi Sekolah

Ratusan siswa di Dompu bisa belajar dengan nyaman dan tenang

Jakarta, IDN Times - Program bantuan pembangunan sekolah dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu melukiskan senyum di wajah para siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Faat 2 Banggo, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pasalnya, melalui bantuan dari BRI tersebut, kini ratusan siswa di Dompu bisa belajar dengan nyaman dan tenang. Mereka tak perlu khawatir lagi merasa kepanasan atau kehujanan saat sedang menuntut ilmu. 

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan, bantuan renovasi sekolah merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BRI untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. 

“Kami menyasar sekolah-sekolah di berbagai pelosok daerah Indonesia. Harapannya, bantuan ini bisa memberikan solusi bagi ketersediaan infrastruktur sekolah yang lebih memadai sehingga akhirnya sekolah bisa menciptakan SDM unggul bagi kemajuan bangsa,” ujar Aestika.

1. Kondisi gedung sekolah sebelumnya tidak memadai

BRI Ukir Senyum di Wajah para Siswa NTB Lewat Bantuan Renovasi SekolahKondisi gedung sekolah MI Al-Faat 2 Banggo sebelum mendapat bantuan dari BRI. (Dok. BRI)

Sebelum mendapat bantuan dari BRI, kondisi gedung sekolah MI Al-Faat 2 Banggo memang tidak memadai. 

“Bangunannya belum bangunan permanen, masih pakai papan dan bedeng, serta ruangan masih beralaskan tanah. Kondisi yang ada, 4 ruang kelas untuk menampung siswa kelas 1 sampai kelas 6. Tapi kami hanya bisa membangun dengan swadaya dan uang pribadi itu hanya 4 ruang kelas saja,” ungkap Muhasir selaku pimpinan Yayasan Pendidikan Al-Faat Dompu NTB yang mengelola MI Al-Faat 2 Banggo. 

Setelah itu, berawal pada 2019, sekolah tersebut mendapat bantuan pembangunan sekolah dari program BRI Peduli. Bantuan itu digunakan untuk membuat gedung sekolah lebih layak pakai. 

“Prosesnya 2 bulan lebih untuk ruangan 2 x 7 meter bagi kelas 5 dan 6. Proses pembangunannya sudah pakai tembok dan ada lantainya. Pokoknya standar bangunan sekolah (pada umumnya),” kata Muhasir.

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi di Kepulauan Maluku, BRI Kerahkan Teras BRI Kapal

2. Para siswa bisa belajar dengan tenang dan nyaman

BRI Ukir Senyum di Wajah para Siswa NTB Lewat Bantuan Renovasi SekolahProgram bantuan pembangunan sekolah dari CSR PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Faat 2 Banggo, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Dok. BRI)

Bukan hanya pengurus yayasan, kebahagiaan tertular pula kepada para siswa. Kini, mereka bisa belajar dengan tenang dan nyaman. Biasanya ketika cuaca panas mereka sering menahan rasa gerah karena atap terbuat dari seng. Begitu pun saat musim hujan, muncul bocor di mana-mana.

Kini, tambahan ruang kelas baru membuat kegiatan belajar jadi nyaman. Para siswa bisa menuntut ilmu dengan tenang dan menjadi lebih efektif. 

“Sekarang ini bangunan sudah baru dan permanen sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk belajar termasuk guru-guru lebih nyaman dalam proses mengajar,” ujar Muhasir.

3. Berharap BRI bisa merenovasi 4 ruang kelas lainnya yang belum layak

BRI Ukir Senyum di Wajah para Siswa NTB Lewat Bantuan Renovasi SekolahKondisi gedung sekolah MI Al-Faat 2 Banggo sebelum mendapat bantuan dari BRI. (Dok. BRI)

Selama pandemik, sistem belajar mengajar menerapkan sistem ganjil genap. Kelas ganjil 1, 3, dan 5 belajar pada Senin, Rabu, dan Jumat. Adapun kelas genap 2, 4, dan 6 belajar pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Hal itu dilakukan untuk mengikuti imbauan dari pemerintah dan agar para siswa bisa belajar dengan aman dan nyaman karena meminimalisasi penularan COVID-19.

"Kami melakukan kerja sama dengan komite dan orang tua agar sekolahnya tidak lama di kelas sekitar 3 jam saja kemudian disuruh pulang. Kami menerapkan sistem ganjil genap sehingga ruangannya bisa kami pakai semua karena posisi duduk siswa kita jaga jarak,” imbuhnya.

Muhasir menambahkan, dengan bantuan itu pihaknya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang besar. Ke depan, dia masih berharap BRI bisa merenovasi 4 ruang kelas lainnya yang belum layak. Selain itu, harapannya BRI bisa memberikan bantuan lain berupa lemari, kursi, meja, dan lemari untuk menyimpan buku bahan ajar para siswa di kelas. (WEB)

Baca Juga: BRI Bantu Fasilitas Penunjang RS di Berbagai Wilayah Indonesia

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya