BRI Berhasil Dorong 290.230 Pelaku UMKM Naik Kelas Lewat KUR 

BRI juga berhasil salurkan KUR senilai Rp87,9 triliun

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil mendorong 290.230 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menikmati kredit usaha rakyat (KUR) BRI ‘naik kelas’ di sepanjang 2019.

Pelaku UMKM penerima KUR BRI itu disebut naik kelas dengan dua indikator, yakni meningkatnya jumlah pinjaman yang diterima serta berhasil beralih dari KUR ke pinjaman komersial.

BRI juga telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp87,9 triliun kepada lebih dari 4 juta pelaku UMKM selama periode Januari hingga Desember 2019. Lebih dari 50% di antaranya disalurkan ke sektor produksi.

1. Selain memberikan fasilitas pinjaman berupa KUR, BRI juga menyelenggarakan berbagai macam program pemberdayaan UMKM

BRI Berhasil Dorong 290.230 Pelaku UMKM Naik Kelas Lewat KUR IDN Times/BRI

Corporate Secretary BRI Hari Purnomo menyebutkan, keberhasilan BRI mendorong lebih dari 290 ribu penerima KUR naik kelas tersebut tak lepas dari komitmen perseroan dalam pemberdayaan UMKM. 

“Tak hanya memberikan fasilitas pinjaman berupa KUR, BRI juga menyelenggarakan berbagai macam program pemberdayaan UMKM, seperti BRIncubator, Rumah Kreatif BUMN (RKB), serta clustering UMKM,” ujarnya.

2. BRI optimistis mampu menyalurkan KUR senilai Rp120,2 triliun pada 2020

BRI Berhasil Dorong 290.230 Pelaku UMKM Naik Kelas Lewat KUR IDN Times/BRI

Pada 2020 BRI optimistis mampu menyalurkan KUR senilai Rp120,2 triliun sesuai breakdown dari pemerintah dengan 60% di antaranya disalurkan ke sektor produksi.

“Strateginya yakni dengan memperluas jaringan pemasaran melalui 415 agen BRILink hingga melakukan sinergi dengan berbagai program kementerian dan lembaga,” pungkas Hari.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya