Kompetisi BRI Data Hackathon 2021 Tantang Ide Inovatif 11.599 Peserta

Konsisten dorong transformasi digital

Jakarta, IDN Times - Kompetisi data science “BRI Data Hackathon 2021” yang digelar mulai 8 Desember 2020 hingga 17 Maret 2021 sukses menjaring 11.599 peserta. Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai daerah dan elemen masyarakat di Indonesia. 

Kegiatan ini juga diklaim berhasil memantik awareness akan pentingnya literasi data ke lebih dari 4 juta orang melalui kegiatan sosialisasi dan promosi yang dilakukan secara daring.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo mengatakan bahwa kompetisi yang diselenggarakan selama tiga bulan tersebut dilakukan untuk mendukung pembangunan bangsa melalui literasi data.

1. Total hadiah hingga Rp450 juta

Kompetisi BRI Data Hackathon 2021 Tantang Ide Inovatif 11.599 PesertaDirektur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo. (Dok. BRI)

Lebih lanjut Indra menjelaskan kompetisi diikuti oleh peserta yang sangat beragam, dari karyawan swasta, PNS, wiraswasta, sampai mahasiswa bersaing untuk membangun solusi terbaik dalam kategori People Analytics dan Cash Ratio Optimization.     

“Animo pemuda terlihat dari besarnya jumlah peserta. Tidak hanya karena hadiah yang diperebutkan, namun juga karena motivasi peserta dalam mengasah ilmu dengan mengolah data,” ungkap Indra.

Terdapat 10 tim dengan inovasi machine learning paling unggul yang berkesempatan mengikuti babak final, dan selangkah lebih dekat untuk memenangkan hadiah utama.

Berbagai hadiah yang akan diperoleh pemenang kompetisi mulai dari uang tunai, saldo BRIZZI, sampai beasiswa untuk mengikuti kelas di Algoritma Data Science School dengan total hadiah hingga 450 juta.

Baca Juga: BRI Jalin Kerjasama dengan BRI Ventures

2. Semangat berinovasi

Kompetisi BRI Data Hackathon 2021 Tantang Ide Inovatif 11.599 PesertaBRI terus menyalurkan kredit mikro yang terdiri atas KUR, Kupedes, dan Briguna Mikro. (Dok. BRI)

Indra menegaskan bahwa BRI telah melakukan transformasi digital secara luas dengan memanfaatkan data sebagai dasar pengambilan keputusan yang diambil oleh perusahaan.

Kesadaran yang tinggi akan pentingnya data-driven decision, dipadukan dengan semangat untuk terus berinovasi, dan ketulusan untuk mendukung pembangunan bangsa melalui literasi data.

“Kami berharap minat masyarakat terhadap ilmu data terus meningkat dan inovasi-inovasi baru dalam pemodelan machine learning akan tercipta” tegas Indra.

Indra menilai saat ini data telah menjadi sumber kekayaan baru yang berharga bagi sebuah organisasi atau perusahaan.Dengan memanfaatkan data yang akurat, perusahaan dapat melakukan efisiensi anggaran dan mengambil kebijakan yang menguntungkan masyarakat luas.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknik analisis yang tepat organisasi bisnis dapat meningkatkan keuntungan, dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen.

3. Tentang kompetisi BRI Data Hackathon 2021

Kompetisi BRI Data Hackathon 2021 Tantang Ide Inovatif 11.599 PesertaBRI Data Hackathon 2021 merupakan sebuah kompetisi data science. (Dok. BRI)

BRI Data Hackathon 2021 merupakan sebuah kompetisi data science berhadiah total senilai Rp450 juta yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dari rumah saja, karena seluruh tahapan kompetisi dilakukan secara daring.

Kompetisi ini sepenuhnya gratis tanpa pungutan biaya apa pun dari tahap registrasi sampai final. Panitia hanya akan memotong pajak hadiah sebelum penyerahan hadiah kepada pemenang.

Ada dua kategori yang bisa diikuti yaitu, People Analytics dan Cash Ratio Optimization. Dalam kategori People Analytics, peserta diminta untuk membangun machine learning model yang dapat memprediksikan performance karyawan dengan akurat

Sementara untuk kategori Cash Ratio Optimization, peserta diminta untuk membangun model berbasiskan machine learning yang dapat memberikan rekomendasi pengelolaan uang tunai dengan akurat, sehingga diharapkan mampu menekan biaya operasional dan mengurangi hilangnya kesempatan bisnis BRI dalam penggunaan uang tunai. (CSC)

Baca Juga: Arus Digitalisasi Tak Terelakkan, BRI Semakin Kuatkan Ekosistem UMKM

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya