BRI Gelontorkan Pinjaman Total Rp14,9 Triliun bagi 134 Ribu Pelaku UMKM

BRI gerak cepat implementasikan kebijakan tangani dampak corona

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia merestrukturisasi lebih dari 134 ribu pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 di Indonesia. Langkah BRI tersebut untuk bergerak cepat mengimplementasikan POJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang stimulus perekonomian nasional sebagai kebijakan countercyclical dampak penyebaran COVID-19 yang rilis belum genap sebulan lalu.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, restrukturisasi tersebut dilakukan sejak 16 Maret hingga 31 Maret 2020 dengan nilai plafon pinjaman yang direstrukturisasi mencapai Rp14,9 triliun.

“Skema restrukturisasi yang diberikan BRI untuk masing-masing debitur berbeda disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi, dengan catatan usahanya masih memiliki prospek yang baik dan secara personal debitur memiliki iktikad baik atau kooperatif,” ujar Amam.

1. Implementasi tersebut merupakan komitmen BRI dalam mendukung pemerintah dan melindungi UMKM

BRI Gelontorkan Pinjaman Total Rp14,9 Triliun bagi 134 Ribu Pelaku UMKMIDN Times/Bank BRI

Amam pun memastikan bahwa proses restrukturisasi kredit dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehatihatian dengan melakukan assessment seberapa besar dampak COVID-19 ini terhadap usaha nasabah.

“Di sisi lain, implementasi relaksasi ini merupakan wujud komitmen BRI yang mendukung pemerintah dalam upaya melindungi dan menyelamatkan para pelaku UMKM di Indonesia akibat imbas dari penyebaran COVID-19,” ujar Amam.

2. Selain hal itu, BRI juga mendukung pertumbuhan pelaku UMKM

BRI Gelontorkan Pinjaman Total Rp14,9 Triliun bagi 134 Ribu Pelaku UMKMIDN Times/Bank BRI

Tak hanya memberikan relaksasi, BRI juga memiliki berbagai program lain untuk tetap mendukung pertumbuhan para pelaku UMKM di tengah kondisi saat ini.

"Program tersebut di antaranya pendampingan dan konsultasi bisnis oleh lebih dari 38 ribu Relationship Manager, membantu menjual produk UMKM melalui Indonesia Mall, menyelenggarakan pendidikan maupun pelatihan virtual dan melalui penyaluran berbagai jenis program CSR BRI,” kata Amam.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya