BRI Jalin Kerjasama dengan BRI Ventures

Untuk meningkatkan penetrasi bisnis pembiayaan

Jakarta, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT BRI Ventura Investama (BVI) resmi menjalin sinergi dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai perencanaan dan pengembangan melalui pembiayaan usaha dan penyertaan modal dalam bentuk hutang dalam jangka waktu tertentu, yang dilaksanakan di Jakarta (25/11). 

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Executive Vice President Wealth Management Division BRI Tina Meilina dan CEO BRI Ventures Niko Widjaja. Kegiatan penandatanganan ini juga dihadiri oleh Direktur Konsumer BRI Handayani.

1. BRI memberikan support kepada perusahaan anak dalam memasarkan Venture Fund kepada investor milenial

BRI Jalin Kerjasama dengan BRI VenturesDirektur Konsumer BRI Handayani (Dok. Bank BRI)

“Sinergi ini nantinya akan diimplementasikan dalam beberapa aktivitas keuangan, yaitu literasi atau pengenalan produk venture fund, kegiatan konsultasi terkait produk venture fund sebagai produk investasi alternatif di BRI, serta kegiatan pemasaran produk venture fund,“ ungkap Handayani.

Melihat perkembangan bisnis startup di Indonesia berkembang pesat, Bank BRI melalui sinergi ini memberikan support kepada perusahaan anak dalam memasarkan Venture Fund kepada investor milenial HNWI (High Net Worth Individual) dalam hal ini ditujukan kepada segmentasi bisnis private banking BRI, agar menarik minat angel investor dan modal ventura untuk menanamkan modalnya.

2. BVI fokus dalam pengembangan Start Up dan UMKM

BRI Jalin Kerjasama dengan BRI VenturesLaunching BRI Micro & SME Index (BMSI). Dok.Bank BRI

BRI Ventures merupakan salah satu Perusahaan Modal Ventura di bawah naungan BRI Group. Sebelum diakuisisi oleh Bank BRI, di akhir tahun 2019, BVI sebelumnya bernama PT. Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura yang merupakan perusahaan modal ventura di bawah group Bahana Artha Ventura. 

Setelah diakuisisi oleh BRI, saat ini BVI fokus dalam pengembangan Start Up dan UMKM dalam ekosistem EARTH: Education, Agriculture & Maritime, Retail & Consumer Goods, Transportation & Logistic, Health and Medical Tech. 

3. BRI Ventures telah menerbitkan dana ventura bernama Sembrani Nusantara

BRI Jalin Kerjasama dengan BRI VenturesNasabah BRI buka layananan BRI secara online (IDN Times/Bank BRI)

Saat ini BRI Ventures telah menerbitkan dana ventura bernama Sembrani Nusantara yang telah resmi mendapatkan izin dari OJK dan telah efektif terbit pada bulan Juni 2020. 

Dana Ventura Sembrani Nusantara melirik area investasi di luar sektor teknologi finansial (fintech), selain itu dana ventura ini juga berfokus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini tentunya akan memperkuat Bank BRI sebagai lembaga keuangan mikro terbesar di dunia (CSC).

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya