Saldo Nasabah Hilang Akibat Skimming, BRI Jamin Ganti Rugi

Korban skimming apresiasi respons cepat BRI

Jakarta, IDN Times - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan investigasi terkait kejadian skimming yang menimpa sejumlah nasabah. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, BRI terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak berwajib untuk menangkap sindikat kejahatan perbankan.

Sebelumnya, sejumlah nasabah BRI mengaku kehilangan saldo di rekening secara tiba-tiba. Mereka yang mengadu adalah nasabah di kantor cabang BRI Cianjur, Jawa Barat. 

1. Saldo yang hilang akan diganti

Saldo Nasabah Hilang Akibat Skimming, BRI Jamin Ganti RugiGedung BRI. (Dok. BRI)

Aestika kembali menjelaskan, BRI merespons dan melakukan investigasi dengan cepat terhadap pengaduan nasabah yang menjadi korban. Menurutnya, BRI menjamin keamanan simpanan seluruh nasabah. Perusahaan juga akan bertanggung jawab atas seluruh kerugian nasabah yang terbukti menjadi korban kejahatan skimming.

“BRI melakukan proses investigasi terlebih dahulu sesuai dengan SOP. Namun demikian, sebagian nasabah yang sudah selesai diproses akan langsung diganti dananya. Kami menjamin simpanan nasabah tetap aman, dan masyarakat tak perlu panik serta khawatir uangnya hilang. Apabila terbukti merupakan korban tindak kejahatan skimming, BRI bertanggung jawab untuk segera menyelesaikan hal tersebut,” ujar Aestika.

Diketahui BRI sudah melakukan penggantian kerugian terhadap sejumlah nasabah yang menjadi korban tindak kejahatan perbankan berupa skimming di Kabupaten Cianjur. Penggantian kerugian ini dilakukan BRI lebih cepat dari tenggat waktu maksimal sesuai ketentuan, yakni 20 hari kerja setelah laporan nasabah diterima.

Baca Juga: BRI Dorong Pemulihan Ekonomi dari Segmen UMKM Melalui Inisiatif Ini

2. Sejumlah nasabah sudah mendapat ganti rugi

Saldo Nasabah Hilang Akibat Skimming, BRI Jamin Ganti RugiBRI mengganti kerugian terhadap sejumlah nasabah yang menjadi korban skimming di Kabupaten Cianjur. (Dok. BRI)

Respons cepat BRI atas peristiwa yang menimpa nasabahnya mendapat apresiasi dari para korban. Budaemi yang merupakan nasabah BRI Kantor Cabang Cianjur, menilai BRI merespons situasi dengan cekatan. Ia menuturkan, kerugiannya sudah diganti hanya berselang satu hari setelah laporan dugaan skimming dibuat.

“Kemarin Senin (5/4/2021) saya mengajukan pengaduan ke BRI karena kehilangan uang pada Jumat (2/4/2021) sebanyak Rp10 juta. Sore ini uang yang hilang sudah kembali sebanyak Rp10 juta. Saya selaku nasabah mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI yang menunjukkan tanggung jawab yang luar biasa kepada nasabahnya,” ujar Budaemi.

Pada kesempatan terpisah, Dadang selaku nasabah BRI juga melontarkan hal yang senada. Dia bersyukur karena simpanannya sebanyak Rp10 juta yang sempat raib karena skimming kini telah kembali.

“Terima kasih kepada Bank BRI yang sudah menanggapi dan merespons dengan ramah laporan kami, kehilangan uang Rp10 juta, dan alhamdulillah hari ini saya sudah cek di ATM uang itu sudah kembali sepenuhnya. Kepada nasabah BRI jangan kapok,” tutur Dadang.

3. Tips aman agar tidak menjadi korban kejahatan perbankan

Saldo Nasabah Hilang Akibat Skimming, BRI Jamin Ganti RugiNasabah membuka layanan bank secara online (Dok. Bank BRI)

BRI mengimbau agar nasabah lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan. Tipsnya amannya, yakni secara rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM, dan menjaga kerahasiaan data nasabah, seperti nomor kartu, nomor CVV kartu debit atau kredit, hingga nomor OTP (One Time Password) transaksi, 

Selain itu, Aestika juga mengingatkan agar data perbankan lainnya tidak diberikan kepada pihak mana pun, termasuk yang mengatasnamakan BRI. Ia juga mengajak nasabah untuk mengaktifkan fitur SMS notifikasi guna mengetahui perubahan saldo nasabah atau mutasi rekening.

Lebih lanjut ia menjelaskan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memerangi kejahatan skimming dengan mengembangkan sistem dan berbagai fitur keamanan. (WEB)

Baca Juga: Inovasi Bank BRI Luncurkan Platform Digital Saving “BRI Buka Rekening”

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya