Cairkan Program Bansos, BRILink Berperan Menanggulangi Kemiskinan 

Pencairan bansos 2018-2019 mencapai Rp25,5 T

Jakarta, IDN Times – Layanan Agen BRILink memiliki peran langsung dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. Salah satu hal yang menunjang adalah Agen BRILink melayani pencairan program bantuan sosial (bansos) non-tunai, sehingga berkontribusi terhadap penyaluran bansos kepada masyarakat yang dilakukan secara efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi. 

1. Sebanyak 422 ribu Agen BRILink melayani pencairan BPNT, KPL, dan BUMDes

Cairkan Program Bansos, BRILink Berperan Menanggulangi Kemiskinan Kegiatan perbankan. Dok. Bank BRI

Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto, mengungkapkan dari jumlah 422 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia, sebanyak 57.303 agen melayani pencairan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), 6.152 Kios Pupuk Lengkap (KPL), dan 9.215 BUMDes. 

“Jumlah pencairan bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT melalui Agen BRILink sepanjang tahun 2018-2019 mencapai Rp25,5 triliun di seluruh Indonesia,” imbuhnya. 

2. Tahun ini Agen BRILink fokus meningkatkan availability

Cairkan Program Bansos, BRILink Berperan Menanggulangi Kemiskinan Kegiatan perbankan. Dok. Bank BRI

Sebagai strategi pengembangan bisnis, Agen BRILink tahun ini akan fokus terhadap peningkatan kualitas layanan dengan menambah fitur produk serta melakukan standarisasi dan peningkatan perangkat Agen BRILink.

“Kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan availability layanan Agen BRILink sehingga mampu menjangkau seluruh desa di Indonesia,” ungkap Amam. 

3. Agen BRILink menggerakkan perekonomian melalui layanan pembayaran tagihan dan setor-tarik tunai

Cairkan Program Bansos, BRILink Berperan Menanggulangi Kemiskinan IDN Times/Bank BRI

Selain berperan dalam pengentasan kemiskinan melalui penyaluran bansos non tunai, Agen BRILink juga ikut serta menggerakkan perekonomian untuk agen dan masyarakat di sekitarnya melalui berbagai layanan yang diusungnya, seperti pembayaran tagihan, setor-tarik tunai, dan lain-lain.

Sepanjang tahun 2019, Agen BRILink mampu mencatat jumlah transaksi sebesar 521 juta kali transaksi finansial dengan volume sebesar Rp673 triliun atau tumbuh 31,2 persen dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan kinerja Agen BRILink yang kuat membuat fee-based income yang dihasilkan tumbuh 75,7 persen year on year dari Rp448,82 miliar di akhir tahun 2018 menjadi Rp788,71 miliar di akhir 2019.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya