Gaet Pegadaian dan PNM, Ini Bukti Nyata BRI Berdayakan UMKM Indonesia

BRI juga mendorong pelaku UMKM bisa naik kelas

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso mengungkapkan, BRI bersinergi dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam kaitannya pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Sunarso menjelaskan, saat ini BRI tengah menggodok skema alternatif sinergi tersebut untuk memberikan added value bagi pelaku UMKM yang menikmati fasilitas pinjaman ultra mikro. 

“Bentuk kerja sama yang nyata dan bisa diwujudkan dalam waktu dekat di antaranya melalui pemanfaatan Agen BRILink milik BRI yang bisa dimanfaatkan untuk nasabah PNM dan Pegadaian,” ujarnya.

1. BRI memiliki 422.160 Agen BRILink dengan transaksi mencapai Rp673 triliun

Gaet Pegadaian dan PNM, Ini Bukti Nyata BRI Berdayakan UMKM IndonesiaIDN Times/BRI

BRI memang terus menunjukkan komitmen untuk mendorong para pelaku UMKM di Indonesia. Hingga akhir Desember 2019, BRI telah memiliki 422.160 Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dengan transaksi mencapai Rp673 triliun dalam satu tahun. 

“Dengan pemanfaatan jaringan BRI tentu kami harap akan memudahkan nasabah PNM dan Pegadaian mendapatkan akses keuangan dan mendorong program pemerintah dalam kaitannya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” tutur Sunarso.

2. BRI dorong pelaku UMKM di Indonesia mampu naik kelas dan bersaing di pasar global

Gaet Pegadaian dan PNM, Ini Bukti Nyata BRI Berdayakan UMKM IndonesiaIDN Times/BRI

BRI juga tengah menyusun skema agar nasabah PNM dan Pegadaian yang telah naik kelas bisa langsung mendapat pembiayaan dari BRI sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas. 

“BRI tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan, tapi juga pelatihan dan pendampingan serta inkubasi agar para pelaku UMKM di Indonesia mampu naik kelas dan bersaing di pasar global,” pungkas Sunarso.

3. BRI, Pegadaian, dan PNM memiliki fokus bisnis di segmen UMKM

Gaet Pegadaian dan PNM, Ini Bukti Nyata BRI Berdayakan UMKM IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan BRI akan menjadi bank luar biasa apabila bersinergi dengan Pegadaian dan PNM pada Rabu (26/2). Kolaborasi tersebut sangat dimungkinkan karena ketiga perusahaan pelat merah itu memiliki fokus bisnis yang sama, yakni di segmen UMKM.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya