Inovasi Transformasi Digital Bawa Dirut BRI Jadi CEO Inovatif Terbaik

BRI BRAIN bukti nyata inovasi BRI dalam transformasi digital

Jakarta, IDN Times - Saluran televisi resmi pasar modal Indonesia, IDX Channel, menobatkan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso sebagai CEO Inovatif Terbaik pada ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2020 di Jakarta, Rabu (2/9). 

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas keunggulan inisiatif dan inovasi yang dijalankan BRI di bawah kepemimpinan Sunarso. Selain itu, BRI juga mendapatkan penghargaan Terbaik dalam Kategori Internal dengan Inovasi BRI BRAIN.

Untuk diketahui, penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 diberikan kepada 14 perusahaan dan perorangan atas perjuangannya tanpa lelah menciptakan inovasi.

1. Transformasi digital memotivasi BRI untuk tetap tumbuh pada kondisi apa pun

Inovasi Transformasi Digital Bawa Dirut BRI Jadi CEO Inovatif TerbaikIDN Times/BRI

Sunarso yang hadir dalam acara penganugerahan tersebut mengatakan, BRI tetap konsisten dalam meng-create dan men-deliver value secara sustain baik kepada nasabah, pemegang saham, maupun masyarakat pada umumnya di tengah kondisi yang menantang seperti saat ini. 

“Untuk menjaga konsistensi tersebut, kami melakukan transformasi digital dan culture yang kami namakan BRIVolution. Transformasi ini memotivasi kami untuk tetap tumbuh di kondisi apa pun, termasuk pada saat krisis yang sedang kita hadapi ini dengan mengutamakan inovasi di area digital dan culture,” jelasnya.

2. BRI BRAIN bisa menjadi ‘otak’ bagi BRI untuk mengambil keputusan yang tepat dan presisi

Inovasi Transformasi Digital Bawa Dirut BRI Jadi CEO Inovatif TerbaikIDN Times/BRI

Sunarso juga mengungkapkan, BRI BRAIN adalah bukti nyata inovasi BRI dalam transformasi digital. Dengan berbasis big data dan artificial intelligence, BRI BRAIN bisa menjadi ‘otak’ bagi BRI untuk mengambil keputusan yang tepat dan presisi sehingga BRI dapat menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil nasabah.

“Tidak hanya digital saja, mindset harus kita ubah, maka kemudian transformasi kita lakukan secara culture karena salah satu objek yang membuat transformasi berhasil adalah seluruh anggota organisasi menghendakinya,” ujarnya.

3. BRI melakukan transformasi agar bisa memberikan solusi untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan

Inovasi Transformasi Digital Bawa Dirut BRI Jadi CEO Inovatif TerbaikIDN Times/BRI

Transformasi yang dilakukan BRI, lanjut Sunarso, agar perseroan semakin adaptif dan inovatif sehingga bisa memberikan solusi untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan. 

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, penghargaan ini merupakan pemacu bagi kami terus berkontribusi untuk negeri,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, BRI berhasil menyisihkan sekitar 149 inovasi lainnya yang dipresentasikan dan diuji sejumlah juri ternama dalam ajang penghargaan ICAII 2020. Berbagai lini bisnis, dari perbankan, infrastruktur, hingga pertambangan, baik listed ataupun non listed menjadi peserta kompetisi inovasi tersebut.

4. Penghargaan ICAII 2020 untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang menunjukkan inisiatif inovasi yang unggul

Inovasi Transformasi Digital Bawa Dirut BRI Jadi CEO Inovatif TerbaikIDN Times/BRI

Adapun yang menjadi Juri Kehormatan pada IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2020 ialah Ketua Dewan Pembina Habibie Center Ilham Akbar Habibie, serta Dewan Juri lainnya, yakni Wahyu T Setyobudi (Peneliti Strategi Transformasi dan Inovasi), Agus Soehadi (Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Prasetya Mulya), dan Bari Arijono (Pakar Ekonomi Digital). Kriteria penilaian yang ditetapkan pada penjurian ICAII 2020 yakni dampak inovasi (40 persen), keberlanjutan inovasi (30 persen), originalitas (20 persen), dan presentasi (10 persen).

Ajang penghargaan ICAII 2020 digelar untuk memberikan penghargaan pada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan suatu inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan, dan memiliki kebaruan tinggi. Penganugerahan ini juga dimaksudkan untuk merajut jejaring dari insan-insan inovasi Indonesia. 

Saat ini inovasi menjadi kunci sukses perusahaan di era baru pada masa pandemik COVID-19. Perusahaan yang inovatif akan dapat mempertahankan kapabilitas dinamis yang bermuara pada daya saing yang lebih baik.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya