Meski Pandemik, BRI Optimal Jalankan Program CSR

Dana yang disalurkan BRI Peduli terus meningkat

Jakarta, IDN Times - Pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan seluruh perusahaan demi menjaga kesinambungan kinerja pelaku bisnis dengan kondisi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan. Salah satunya dengan mengalokasikan dana dan program-program corporate social responsibility (CSR).

Dalam menjalani perannya sebagai perusahaan BUMN, Bank BRI aktif menjalankan program CSR melalui BRI peduli. Dalam keterangan resminya diketahui alokasi dana BRI Peduli terus meningkat.

1. Dana program CSR BRI Peduli meningkat

Meski Pandemik, BRI Optimal Jalankan Program CSRKegiatan bagi-bagi masker BRI Peduli. (BRI)

Sepanjang 2020, dana program CSR BRI Peduli yang disalurkan perusahaan mencapai Rp264 miliar. Jumlah ini naik dibanding nilai program setahun sebelumnya yang mencapai Rp226 miliar. 

Anggaran tersebut dialokasikan perusahaan untuk eksekusi program dan bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan/renovasi infrastruktur, rumah ibadah, pemeliharaan kelestarian ekosistem laut dan lingkungan, serta membantu korban bencana. Sepanjang 2020, ada dana Rp69,71 miliar yang dialokasikan BRI untuk masyarakat terdampak bencana alam dan non-alam melalui program Indonesia Peduli. 

BRI juga menyalurkan bantuan untuk program Indonesia Cerdas senilai Rp52,61 miliar yang digunakan demi meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan serta beasiswa bagi lebih dari 5 ribu pelajar. 

Selain itu, ada juga dana Rp45,91 miliar yang disalurkan BRI untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menyalurkan bantuan melalui Program Indonesia Sehat.

Baca Juga: Tanggap Bencana Gempa Sulbar, BRI Bangun Posko BRI Peduli

2. Pro planet, pro profit, dan pro people

Meski Pandemik, BRI Optimal Jalankan Program CSRKegiatan bersih-bersih sungai BRI Peduli. (Dok. BRI)

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa pada masa mendatang kondisi perekonomian diprediksi akan semakin dinamis. Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan memperkuat landasan kinerja perusahaan dengan melaksanakan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. 

“Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance’, BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Sunarso. 

Lebih lanjut ia menyebut, BRI bertujuan menciptakan value kepada shareholder dalam bentuk kinerja keuangan yang baik dan berkelanjutan, memberikan layanan kepada nasabah di atas ekspektasi, dan menyediakan tempat kerja yang kondusif untuk meningkatkan potensi karyawan. 

Sementara untuk masyarakat, BRI bertekad membawa CSR BRI Peduli melalui program 3P (pro planet, pro profit dan pro people). 

“Ini sesuai dengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat menciptakan value dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas,” tambah Sunarso.

3. Mengedepankan upaya penyelamatan UMKM

Meski Pandemik, BRI Optimal Jalankan Program CSRUMKM binaan BRI/Dok. Bank BRI

Sunarso menegaskan bahwa pada masa krisis akibat pandemik COVID-19, BRI mengedepankan upaya penyelamatan UMKM nasional dan mendukung program vaksinasi yang dijalankan Pemerintah. 

“Saat ini proses pemulihan ekonomi tengah dilakukan Pemerintah melalui berbagai kebijakan, seperti vaksinasi, perpanjangan penyaluran stimulus PEN, dan bansos tunai bagi masyarakat. BRI akan selalu siap untuk mendukung UMKM kembali bangkit dan mendorong pemulihan ekonomi melalui berbagai inisiatif perusahaan, termasuk melalui program CSR BRI,” paparnya.

4. Berbagai bantuan lainnya

Meski Pandemik, BRI Optimal Jalankan Program CSRProgram BRI Peduli di bidang kesehatan. (Dok. BRI)

Sunarso lanjut menjelaskan, pihaknya aktif melakukan penanaman bibit bakau, bersih-bersih sungai, dan program lain secara berkala dengan biaya total Rp4,43 miliar. Selain itu, BRI turut membantu pembangunan dan renovasi rumah ibadah yang sepanjang tahun lalu memakan biaya hingga Rp34,95 miliar.

BRI juga menyalurkan bantuan untuk pengembangan prasarana dan/atau sarana umum melalui program Indonesia Membangun senilai Rp32,16 miliar dan penyaluran program bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan melalui program Indonesia Sejahtera senilai Rp24,37 miliar. (WEB)

Baca Juga: Dear Mahasiswa, BRI Beri Beasiswa Penuh bagi yang Berprestasi Lho!

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya