Sumbang Rp11,7 Triliun, BRI Jadi Penyumbang Dividen Terbesar pada 2020

BRI konsisten dalam memberikan nilai sosial dan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat BRI menyumbangkan dividen sebesar Rp11,7 triliun atau sebesar 26,4 persen dari total Rp45 triliun dividen yang diterima negara dari BUMN. 

Kontribusi BRI tersebut menjadikan BRI sebagai BUMN penyumbang dividen terbesar bagi negara pada tahun 2020. BRI pun berkomitmen menjaga kinerja positifnya meski perekonomian diadang pandemik COVID-19 dan konsisten dalam memberikan nilai sosial dan ekonomi bagi stakeholders di saat bersamaan.

1. BRI mampu tumbuh positif dan mampu membukukan laba sebesar Rp18,66 triliun

Sumbang Rp11,7 Triliun, BRI Jadi Penyumbang Dividen Terbesar pada 2020Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan bahwa pihaknya ternyata mampu menjawab tantangan. Hal itu terbukti dari kemampuan perseroan menjaga faktor-faktor fundamental tetap prima kendati ekonomi diserang pandemik.

Aestika menjelaskan hingga tutup tahun 2020 lalu, aset BRI mampu tumbuh positif hingga menembus Rp1.511,81 triliun dan mampu membukukan laba sebesar Rp18,66 triliun. Artinya, aset mengalami pertumbuhan yang sehat dan menghasilkan profitabilitas yang positif pula.

“Dengan kondisi fundamental yang baik dan sehat ini, ke depan kami yakin terus mampu men-deliver social values dan economic value kepada seluruh stakeholders dan menjadi mitra utama pemerintah dalam upaya membangkitkan perekonomian nasional. Saya kembali sampaikan bahwa BRI memang fokusnya di segmen mikro. Namun, apa yang dikerjakan BRI berdampak makro terhadap perekonomian nasional,” ujarnya.

Baca Juga: BRI Kejar Porsi Kredit Mikro Hingga 45% pada 2025

2. Dua strategi utama BRI terus tumbuh berkelanjutan

Sumbang Rp11,7 Triliun, BRI Jadi Penyumbang Dividen Terbesar pada 2020Ilustrasi pelayanan BRI. (Dok. BRI)

Ke depan, BRI berkomitmen menjaga tren pertumbuhan kinerja agar terus sustain dan memberikan pertumbuhan positif. Dua strategi utama BRI untuk terus tumbuh berkelanjutan ialah melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia, yakni dengan membuat pelaku UMKM di Indonesia naik kelas, serta dari mikro menjadi kecil dan kecil menjadi menengah. 

Strategi kedua yakni BRI terus mencari sumber pertumbuhan baru sehingga BRI akan menyalurkan pinjaman ke segmen yang lebih kecil lagi (ultra mikro). Saat ini BRI menyiapkan strategi go smaller (pinjaman lebih kecil), go shorter (dengan tenor yang pendek-pendek), dan go faster (melalui proses digitalisasi maka proses kredit menjadi lebih cepat). Pada akhirnya, BRI ingin melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya semurah mungkin.

Di samping itu, BRI juga akan terus berkontribusi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penyaluran berbagai stimulus yang dapat meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat yang akan meningkatkan permintaan kredit nasional. Strategi ‘Business Follow the Stimulus’ tersebut difokuskan BRI kepada UMKM dan BRI berkomitmen menjaga pertumbuhan kredit tetap harus berkualitas.

3. Harga saham BRI kembali bergerak di kisaran harga sebelum pandemik

Sumbang Rp11,7 Triliun, BRI Jadi Penyumbang Dividen Terbesar pada 2020Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Aestika pun menyebut strategi dan usaha BRI untuk terus tumbuh secara sustainable diapresiasi para stakeholders, khususnya para pemegang saham. Hal tersebut tecermin dari peningkatan harga saham BRI yang saat ini telah kembali berada di atas level Rp4.000 per lembar saham atau telah kembali bergerak di kisaran harga sebelum pandemik. 

Sepanjang tahun 2020, BRI juga menyabet berbagai pengakuan bergengsi di tataran nasional maupun internasional. BRI mendapatkan 70 penghargaan bergengsi sepanjang 2020, di antaranya BRI masuk dalam Top 1000 World Bank dengan ranking pertama di Indonesia. 

BRI pun meraih Best Companies 2020 dan 1st Indonesia’s Largest Public Companies oleh Forbes Indonesia. Selain itu BRI juga dinobatkan sebagai Bank Pendukung UMKM terbaik oleh Bank Indonesia. (WEB)

Baca Juga: Cerita Sukses Nasabah BRI Bawa Kerajinan Bali Mendunia

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya