Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021

BRI komitmen dukung kesetaraan gender

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI baru saja meraih penghargaan UN Women 2021 Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards (WEPs) untuk kategori Community Engagement and Partnership.

Capaian tersebut berhasil diraih BRI atas upayanya yang dinilai tim juri mendukung kesetaraan gender. BRI meraih apresiasi berkat dukungan kesetaraan gender perseroan pada Female Agent BRILink and Local Women Heroes.

1. Menghargai perbedaan dalam budaya kerja

Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021Direktur Human Capital BRI Agus Winardono. (Dok. BRI)

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengatakan perseroan senantiasa mendukung dan mempraktikan keadilan dan kesetaraan gender dalam organisasi.

Agus menjelaskan bahwa BRI sangat menghargai perbedaan termasuk dalam hal gender dalam budaya kerjanya. Ia menilai, hal itu menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. 

“Penghargaan ini tentunya ditujukan untuk semua Insan BRILian. Apa yang kami upayakan selama ini untuk budaya kerja yang adil, dan menghargai perbedaan termasuk dalam hal kesetaraan gender ternyata mendapat apresiasi positif dalam ajang ini. Tentu saja penghargaan ini akan menjadi motivasi Insan BRILian untuk selalu menjunjung keadilan dan menghargai setiap perbedaan,” ujarnya.

Baca Juga: Lakukan Transformasi, Dirut BRI Ungkapkan Visi Pengembangan BRI Group 

2. Komposisi pekerja BRI

Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021Jajaran pimpinan BRI. (Dok. BRI)

Dukungan BRI terhadap kesetaraan gender terlihat pula dalam komposisi pekerjanya. Rerata komposisi untuk pekerja perempuan adalah 42,36 persen dan pria 57,64 persen.

Berdasarkan data penerimaan SDM BRI, pada 2018 pekerja perempuan mencapai 38.663 dan pria 51.281 orang. Pada 2019, pekerja perempuan sebanyak 39.323 dan pria 52.297. Adapun tahun lalu pekerja perempuan mencapai 37.354 dan pria sebanyak 50.830 orang.

“Dengan penghargaan ini, kami turut bangga telah turut mewujudkan ekonomi yang inklusif dan adil. Kami berkomitmen akan terlibat langsung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam menjalankan bisnis,” tambah Agus.

3. Penghargaan diserahkan kepada perusahaan yang mempromosikan kesetaraan gender

Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021UN Women 2021 Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards (WEPs). (Dok. BRI)

Salah seorang juri di acara tersebut, yakni Executive Director Yayasan Plan International Indonesia Dini Widiastuti mengatakan, penghargaan dalam kategori Community Engagement and Partnership diserahkan kepada perusahaan yang mempromosikan kesetaraan gender melalui keterlibatan masyarakat dan kemitraan.

“Selain keterlibatan masyarakat, penilaian kategori itu pun meninjau untuk mempromosikan aksi transformatif atau perubahan sistemik melalui kemitraan. Keterlibatan ini termasuk pengintegrasian kesetaraan gender ke dalam strategi berkelanjutan, hingga program tanggung jawab sosial perusahaan,” ujarnya.

4. Kesetaraan gender jadi salah satu poin SDGs

Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang (Dok. Humas KemenPPPA)

Dalam ajang tersebut, hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam sambutannya ia menyampaikan sudah sepantasnya setiap sektor pembangunan mengedepankan prinsip kesetaraan, keadilan, dan inklusivitas.

Menurutnya, Indonesia juga telah berkomitmen dengan menyepakati Sustainable Development Goals (SDGs) di mana kesetaraan gender merupakan salah satu poin untuk mencapai tujuan berkelanjutan.

5. Hasil kolaborasi UN Women dan Uni Eropa

Dukung Kesetaraan Gender, BRI Raih Penghargaan UN Women 2021Bendera Uni Eropa di gedung Berlaymont kantor Komisi Eropa di Brussels, Belgia (unsplash.com/@guillaumeperigois)

UN Women 2021 Asia Pasific WEPs Awards sendiri diselenggarakan WeEmpowerAsia pada Jumat (22/10/2021). Acara tersebut merupakan ajang penghargaan pertama di kawasan Asia-Pasifik yang mengapresiasi praktik bisnis yang positif dan inspiratif untuk kesetaraan gender, selaras dengan prinsip pemberdayaan perempuan.

Ajang tersebut merupakan program bersama antara UN Women dan Uni Eropa yang bertujuan meningkatkan budaya bisnis inklusif gender dan menciptakan ekonomi yang lebih inklusif serta adil di Asia-Pasifik juga Eropa. (WEB)

Baca Juga: Cari Sumber Pertumbuhan Baru, BRI Siapkan Roadmap Pemberdayaan UMKM

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya