Lindungi UMKM dari Dampak Covid-19, BRI Lakukan Langkah Strategis Ini

BRI tanggap dan siap menjaga kelangsungan UMKM

Jakarta, IDN Times – Perkembangan pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Indonesia terus menjadi perhatian semua elemen, tidak terkecuali perbankan. Kondisi tersebut membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain, dan kontak tatap muka langsung, seperti menghindari pergi ke tempat yang ramai dikunjungi, antara lain pasar ataupun toko swalayan.

Kondisi seperti itu turut memberi tekanan kepada sektor UMKM yang kegiatan usahanya mayoritas menggunakan pola konvensional/interaksi jual beli tatap muka. Untuk mengantisipasinya, Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto menyampaikan bahwa Bank BRI telah melakukan langkah-langkah strategis untuk memetakan sektor-sektor ekonomi dan daerah yang terdampak dari penyebaran COVID19.

“BRI juga melaksanakan serangkaian skenario mulai strest test hingga melakukan selektif ekspansi untuk meningkatkan risk awareness jajaran bisnis,” tutur Amam. 

1. Bank BRI menyiapkan beberapa mekanisme khusus untuk menjaga kualitas kredit

Lindungi UMKM dari Dampak Covid-19, BRI Lakukan Langkah Strategis IniIDN Times/Bank BRI

Berkaitan dengan menjaga kualitas kredit, BRI menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang dikeluarkan OJK pada Kamis (19/03). Sebagai tindak lanjut, BRI menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah Covid-19. Langkah tersebut merupakan upaya preventif BRI untuk mengurangi dampak terhadap kinerja debitur yang diperkirakan akan menurun akibat Covid-19 sehingga meningkatkan risiko kredit yang berpotensi mengganggu kinerja perbankan.

2. Bank BRI juga terus mendampingi nasabah UMKM untuk menjaga kelangsungan usaha

Lindungi UMKM dari Dampak Covid-19, BRI Lakukan Langkah Strategis IniIDN Times/Bank BRI

Selain itu, pendampingan kepada nasabah UMKM akan terus dilakukan untuk menjaga kelangsungan usaha. Beberapa jurus yang dilakukan meliputi relaksasi pinjaman berupa rescheduling pembayaran angsuran. BRI juga membuka akses pasar untuk membantu penjualan produk nasabah UMKM melalui platform e-Commerce seperti halnya Indonesia Mall.

3. Insentif bagi nasabah mikro, kecil, dan ritel juga Bank BRI berikan

Lindungi UMKM dari Dampak Covid-19, BRI Lakukan Langkah Strategis IniIDN Times/Bank BRI

Kemudian, BRI pun menggelar konsultasi dan pelatihan manajemen bisnis yang diadakan di 157 Rumah Kreatif BUMN (RKB) kelolaan BRI di seluruh Indonesia dan bantuan corporate social responsibility (CSR) untuk mendukung operasional bisnis pelaku UMKM.  Tidak berhenti di sana, BRI juga memberikan insentif kepada nasabah mikro, kecil, dan ritel dengan menurunkan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) sampai dengan 50 basis point.

“Langkah ini merupakan bagian dari relaksasi yang diberikan BRI bagi pelaku UMKM di saat-saat yang sulit,” ungkap Amam.    

“Prinsipnya, BRI senantiasa tanggap dan siap melakukan countercyclical di tengah tantangan wabah Covid-19 dengan berbagai kebijakan relaksasi maupun upaya menjaga kelangsungan usaha dari setiap nasabah UMKM kami. Selanjutnya, kami terus berupaya  melaksanakan prudential banking dan tetap melakukan ekspansi bisnis yang sehat secara selective growth,” tambah Amam.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya