OJK dan BI Setujui Kerja Sama BRI dan Alipay   

Kolaborasi ini pertama di Indonesia

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (IDX:BBRI) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia untuk dapat menerima dan memproses transaksi Alipay wallet di Indonesia sebagai acquirer. Hal ini membuat Bank BRI sebagai bank pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Alipay untuk meningkatkan penggunaan metode pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Indonesia.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyampaikan saat ini perseroan terus berupaya meningkatkan ekspansi sistem transaksi nontunai (cashless) di tengah masyarakat melalui metode pembayaran QRIS. 

“Salah satu upaya BRI adalah menjalin kerja sama dengan Alipay sebagai penyedia aplikasi atau instrumen pembayaran dari luar negeri sehingga dapat bertransaksi di Indonesia melalui QRIS BRI,” ujar Handayani.

Baca Juga: BRI Jalin Kerjasama dengan BRI Ventures

1. BRI melihat potensi pasar yang besar terkait kerja sama dengan Alipay

OJK dan BI Setujui Kerja  Sama BRI dan Alipay   Direktur Konsumer BRI Handayani/Dok. BRI

Kerja sama tersebut memungkinkan pengguna Alipay yang berkunjung ke Indonesia dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS di merchant BRI, dan menikmati pengalaman pembayaran digital yang nyaman dan lancar dari ponsel mereka. Dalam kerja sama ini, BRI juga bermitra dengan PT QFPay Technology Indonesia sebagai penyedia pendukung (system integrator) untuk mengintegrasikan sistem BRI dan Alipay.

Mengutip data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan wisatawan China ke Indonesia dari  2009 ke 2019 tumbuh signifikan sekitar 450 persen. Berdasarkan data tersebut, BRI melihat potensi pasar yang besar terkait kerja sama dengan Alipay. Jumlah wisawatan dan pengeluaran per kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun menjadi potensi bisnis besar bagi Fee Based Income (FBI) BRI. 

2. Ini langkah awal kerja sama BRI dan Alipay

OJK dan BI Setujui Kerja  Sama BRI dan Alipay   Nasabah membuka layanan bank secara online (Dok. Bank BRI)

Sebagai langkah awal kerja sama ini,  BRI akan fokus pada penetrasi akseptasi Alipay di wilayah kerja BRI se-Indonesia yang banyak dikunjungi turis China, seperti Bali, Batam, dan Manado. Di luar area tersebut, BRI akan melakukan roll out akseptasi Alipay di seluruh jaringan merchant Bank BRI yang menggunakan QRIS. 

“Peluncuran kerja sama ini masih dalam rangka  ulang tahun BRI ke-125, di mana BRI ke depan akan terus berkomitmen  mendorong cashless payment society demi kemajuan UMKM dan ekonomi Indonesia,” kata Handayani. CSC

Baca Juga: Bank BRI Kembali Tercatat Jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya