Dirut BRI: Pemberdayaan UMKM Masih Terus Jadi Fokus BRI 

Pricing punya peran dorong kemajuan UMKM

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan, BRI akan terus fokus terhadap pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui transformasi digital. Selain itu, BRI ke depan akan tetap fokus terhadap UMKM karena UMKM masih mengalami kendala untuk naik kelas. 

“Kami menyadari dalam mendorong partisipasi masyarakat ikut dalam ekonomi kerakyatan tidak hanya dipengaruhi oleh pricing. Namun, pricing memiliki peran untuk mendorong kemajuan UMKM,” ujar Sunarso dalam acara Pemimpin Redaksi Gathering di Kantor Pusat Bank BRI di Jakarta, Kamis (30/1).

1. BRI memiliki misi untuk melayani pelaku UMKM sebanyak mungkin dengan biaya semurah mungkin

Dirut BRI: Pemberdayaan UMKM Masih Terus Jadi Fokus BRI IDN Times/BRI

Oleh karena itu, BRI memiliki misi untuk melayani pelaku UMKM sebanyak mungkin dengan biaya semurah mungkin. 

“Misi tersebut dapat kita capai melalui go smaller, go shorter, dan go faster. Penetapan target market yang lebih kecil, perputaran pinjaman lebih cepat, serta pemrosesan lebih cepat dan hal itu bisa kita capai melalui transformasi digital untuk mendapatkan efisiensi serta menciptakan value baru melalui new business model,” ujar Sunarso. 

2. Penyaluran kredit BRI hingga akhir Desember 2019 mencapai Rp907,4 triliun

Dirut BRI: Pemberdayaan UMKM Masih Terus Jadi Fokus BRI IDN Times/BRI

Sementara itu, penyaluran kredit BRI hingga akhir Desember 2019 mencapai Rp907,4 triliun atau tumbuh 8,3% year on year, di atas rata rata industri perbankan yang tumbuh sebesar 6,08%. Dari total pinjaman tersebut, 78% di antaranya disalurkan ke sektor UMKM dan targetnya proporsi tersebut meningkat hingga 80% pada 2022. 

3. BRI kepada nasabah ingin memberikan layanan di atas ekspektasi

Dirut BRI: Pemberdayaan UMKM Masih Terus Jadi Fokus BRI IDN Times/BRI

Sunarso juga kembali menekankan aspirasi BRI di tahun 2022 menjadi The Most Valuable Bank in Southeast Asia dan Home to the Best Talent

“Bank BRI bertujuan menciptakan value kepada stakeholders dalam bentuk kinerja keuangan yang baik dan berkelanjutan, kepada nasabah memberikan layanan di atas ekspektasi, kepada karyawan dengan menyediakan tempat kerja yang kondusif untuk menumbuhkembangkan karier sesuai potensinya, serta kepada masyarakat membawa CSR BRI Peduli melalui program 3P (pro planet, pro profit, dan pro people),” tutur Sunarso.

Program pro planet yang dilakukan BRI ialah konservasi kawasan sungai/sarana air bersih dan MCK serta penanaman pohon. Pro profit meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui entrepreneurship, administrasi dan manajerial, akses go online serta good corporate governance, sedangkan pro people melalui bedah rumah dan beasiswa Indonesia Cerdas.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya