BRI Salurkan Bantuan Rp106,9 Miliar untuk Bantu Penanganan Pandemik 

Bantuan diutamakan untuk fasilitas kesehatan

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli dan BRILian Fight Covid-19 telah menyalurkan beragam bantuan dengan total Rp106,9 miliar untuk penanganan COVID-19 di Indonesia. Bantuan disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat COVID-19 dan terutama untuk membantu fasilitas kesehatan dan pelayanan di rumah sakit (RS). 

“Penyaluran bantuan alat medis dan kesehatan kami harapkan dapat mampu mendorong ketersediaan sarana penunjang kesehatan dalam mendukung kelancaran pelayanan dan penanganan pasien di rumah sakit,” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

Pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada petugas kesehatan dari berbagai lini, seperti puskesmas  dan rumah sakit yang ada di Jakarta yang telah membantu penanganan COVID-19. Bantuan diharapkan dapat membantu para petugas kesehatan dalam memperoleh tempat istirahat yang baik sehingga dapat bekerja dengan maksimal dalam pelayanan kesehatan. 

1. Bantuan alat kesehatan dan obat-obatan masing-masing senilai Rp21,8 miliar dan Rp30,73 miliar

BRI Salurkan Bantuan Rp106,9 Miliar untuk Bantu Penanganan Pandemik IDN Times/BRI

Bantuan alat kesehatan dengan total Rp21,8 miliar telah disalurkan, meliputi APD, masker medis dan kain, hand sanitizer, alat ekstraksi otomatis dengan spesifikasi magnapure 96, 1.152 sample/24 jam, alat deteksi light cycler 480, 576 sample/24 jam (bisa untuk HIV, Hepatitis A, Hepatitis B), hepafilter, serta mobil PCR. 

Bantuan obat-obatan dan suplemen penambah imunitas dengan jumlah bantuan Rp30,73 miliar juga sudah disalurkan. Selain itu, BRI juga menyalurkan bantuan sarana dan prasarana nonmedis, seperti wastafel cuci tangan, kendaraan roda tiga, mobil pengangkut barang, freezer, cooler, pallet, dispenser, galon, kain pembersih lantai, trolly, dan misty fan.

2. BRI juga berperan aktif menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi

BRI Salurkan Bantuan Rp106,9 Miliar untuk Bantu Penanganan Pandemik IDN Times/BRI

Selain menyalurkan bantuan alat kesehatan, BRI juga berperan aktif menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi, di antaranya penyaluran sembako gratis bagi masyarakat umum sebesar Rp34,48 miliar dan penyaluran sembako untuk panti asuhan dengan total bantuan Rp6 miliar.

Tak hanya itu, BRI juga berkolaborasi bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain dalam memberikan bantuan akomodasi penginapan dan transportasi untuk petugas kesehatan penanganan COVID-19 yang dikoordinasikan Hotel Indonesia Group (HIG) dengan nilai bantuan sebesar Rp5 miliar. 

3. Penyaluran bantuan penanganan COVID-19 merupakan wujud nyata #BUMNPerangiCovid

BRI Salurkan Bantuan Rp106,9 Miliar untuk Bantu Penanganan Pandemik IDN Times/BRI

BRI juga ikut berperan aktif dalam memberikan bantuan ke Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri sebesar Rp5 miliar, bantuan tanggap darurat BRI Peduli Pencegahan Covid-19 melalui Unit Kerja BRI di seluruh Indonesia dengan nilai total bantuan sebesar Rp25,25 miliar, serta sosialisasi pencegahan COVID-19 dengan nilai total bantuan Rp1,53 miliar.

“Penyaluran bantuan penanganan COVID-19 ini merupakan wujud nyata #BUMNPerangiCovid. Dalam penyaluran bantuan, kami tetap menerapkan aspek-aspek keamanan dan keselamatan sesuai arahan pemerintah seperti physical distancing untuk menghindari penumpukan massa. Kami juga memastikan bantuan dapat tersalur dengan tepat terutama kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Catur.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya