Transformasi untuk Bertahan dan Tumbuh, Strategi BRI Hadapi New Normal 

Transformasi tersebut sudah dijalankan sejak 2016

Jakarta, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan strategi untuk beradaptasi menghadapi era the new normal. Transformasi merupakan cara yang disiapkan perusahaan untuk dapat bertahan dan tetap tumbuh di masa mendatang.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan bahwa sejatinya transformasi sudah dijalankan Bank BRI sejak 2016.

“Objek transformasi BRI dilakukan di dua area, yakni digital dan culture serta pandemik yang terjadi menjadi akselerator transformasi tersebut,” ujar Sunarso dalam Virtual Halalbihalal Bank BRI dengan pemimpin redaksi media massa, di Jakarta, Jumat (5/6).

Kegiatan halalbihalal secara daring dengan pemimpin redaksi media massa nasional tersebut merupakan kali pertama yang diselenggarakan Bank BRI di tengah pandemik. Lebih dari 50 pemimpin redaksi dari berbagai media baik cetak, televisi, dan online mengikuti kegiatan yang diharapkan memperkuat jalinan silahturahmi antara Bank BRI dan media.

1. Ini tiga hal utama strategi BRI dalam menghadapi new normal

Transformasi untuk Bertahan dan Tumbuh, Strategi BRI Hadapi New Normal IDN Times/BRI

Sunarso mengatakan bahwa strategi BRI menghadapi new normal terbagi menjadi tiga hal utama, yakni pada pekerja dan jaringan, teknologi informasi (IT), dan digital serta bisnis proses. Pertama, untuk pekerja dan jaringan BRI menerapkan flexy working, perubahan fungsi dan peran jaringan kantor BRI, coworking space, dan penerapan protokol kesehatan di seluruh kantor BRI. Kedua, dalam hal IT dan Digital perseroan menyiapkan keandalan sistem dan jaringan serta keamanan sehingga masyarakat mudah dan aman bertransaksi perbankan BRI.

“Yang terakhir, BRI mengubah produk, bisnis proses, dan operasional menyesuaikan perilaku masyarakat, seperti menghadirkan pinjaman digital dan simpanan digital dengan tetap tumbuh sehat melalui selective growth,” imbuhnya.

2. Kinerja kuartal I 2020 menjadi cerminan komitmen BRI menjaga kualitas bisnis

Transformasi untuk Bertahan dan Tumbuh, Strategi BRI Hadapi New Normal IDN Times/Bank BRI

Komitmen BRI dalam menjaga kualitas bisnisnya dengan selective growth di tengah pandemik tecermin dari kinerja hingga akhir kuartal I 2020. Penyaluran kredit BRI tercatat sebesar Rp930,7 triliun atau tumbuh 10,1% year on year. Pertumbuhan tersebut di atas rata-rata industri perbankan nasional.

3. BRI optimistis dapat melalui pandemik ini dengan kualitasnya

Transformasi untuk Bertahan dan Tumbuh, Strategi BRI Hadapi New Normal IDN Times/BRI

Di samping terus mengucurkan kredit, BRI juga gencar merestrukturisasi pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19. Hingga akhir Mei 2020, tercatat BRI merestrukturisasi 2,3 juta pelaku UMKM dengan total pinjaman mencapai Rp 140,24 triliun.

“Dengan strategi yang disiapkan dan dengan pengelolaan manajemen risiko yang memadai, Bank BRI optimistis dapat melalui pandemik ini dengan tetap menjaga kualitas bisnisnya serta mencapai visi untuk menjadi The Most Valuable Bank and Home To The Best Talent,” tutur Sunarso.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya