Comscore Tracker

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan Malang

#1000MillennialsKawalPemilu Penuh dengan nuansa keakraban

Malang, IDN Times - Hari Pemilu telah tiba. Seluruh bagian masyarakat di Indonesia akhirnya bisa menyemarakkan pesta demokrasi ini dengan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya. Dari total 387.520 jumlah TPS di Indonesia dan 67.646 jumlah TPS di Jawa Timur, penulis mengunjungi salah satu TPS di Malang (total 1.400 jumlah TPS).

IDN Times berkesempatan untuk meliput TPS 22 di Jodipan - Kota Malang dan berbincang-bincang bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) di TPS ini. Seperti apa suasana pemilu dan penghitungan suara di TPS ini? Yuk, simak ulasan liputan selengkapnya berikut ini!

1. Suasana TPS-nya sangat bersahabat dan penuh nuansa kekeluargaan

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan MalangIDN Times/Bayu D. Wicaksono

TPS ini berlokasi di Jalan Jodipan Wetan Gang 1, Kota Malang. Ada sejumlah 4 bilik suara yang tersedia untuk pencoblosan di TPS ini. Yang unik dari TPS ini adalah suasananya yang hangat dan sarat akan keakraban. Nampak Panitia Pemungutan Suara (PPS) saling bercanda dengan para pemilih. Meskipun begitu, profesionalitas PPS tetap terjaga karena semuanya tertata sesuai SOP.

Salah satu yang paling unik lagi adalah warga yang sudah mempunyai hak pilih bisa mengantre dari rumah, akibat letak TPS yang berada di tengah gang dan ketersediaan kursi yang kurang untuk jumlah pemilih yang terbilang banyak. Ketika nama pemilih dan nomor DPT-nya dipanggil oleh ketua TPS, beberapa warga terlihat berlari dari rumahnya untuk memenuhi giliran menyoblosnya.

2. Salah satu pemilih di TPS ini menyuarakan harapannya untuk pemimpin baru dan Indonesia

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan MalangIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Salah satu pemilih yang hadir untuk pencoblosan di TPS ini adalah Dewi Ratna, 39 tahun, yang berprofesi sebagai Ibu rumah tangga. Dewi terlihat antusias dan lega setelah menggunakan hak suara miliknya.

"Harapan saya pada pemerintah baru Indonesia nanti lebih meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Sedangkan harapan saya pada Indonesia itu nantinya bisa lebih maju lagi di mata internasional," ujar Dewi Ratna.

Baca Juga: Sensasi Ikut Pemilu di TPS Bertema Reog Ponorogo

3. Total ada sejumlah 295 pemilih yang terdaftar di TPS ini

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan MalangIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Panitia Pemilihan Suara telah mempersiapkan TPS ini dari sehari sebelumnya. Mereka telah merancang sistem dan penempatan semuanya di TPS ini agar tak terjadi kecurangan. Sementara itu, ada 232 orang yang menggunakan hak suaranya dan 7 orang pemilih tambahan.

Dengan ketersediaan 300 surat suara, berarti ada 61 surat suara yang tidak terpakai. Sementara itu, hasil perhitungan suara pilpres diketahui pasangan calon Jokowi-Ma'ruf mendulang suara sebanyak 147 surat suara dan pasangan calon Prabowo-Sandi sebanyak 90 surat suara. Sementara 2 surat suara dinyatakan tidak sah karena tidak ditemukan coblosan di mana pun.

"Cara kami agar tidak terjadi kecurangan atau hal yang gak diharapkan, kami memastikan tidak ada satu pun lagi atribut partai ataupun calon legislatif di kampung kami. Selain itu kami mengundang DPT dengan sistem door to door," Muchamad Syukron, ketua TPS 22 Jodipan.

4. Suasana penghitungan suara berlangsung sangat khusyuk dan tidak mengalami kendala berarti

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan MalangIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Itulah tadi suasana pemilu dan penghitungan suara di TPS 22 Jodipan, Kota Malang. Bagi kamu yang sudah cukup umur untuk berpartisipasi dalam pemilu ini juga sudah menggunakan hak suaramu kan?

Suasana Pemilu & Penghitungan Suara di TPS 22 Jodipan MalangIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Penulis juga sudah menggunakan hak suaranya lho. Bagi yang belum, sabar ya, doakan saja siapa pun yang akan menduduki kursi pemerintahan nanti akan membawa Indonesia ke arah yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Pesta Demokrasi, Pemilu di TPS 13 Jombang Didominasi Emak-emak

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You