4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika Sekolah

#GoodLife Penting untuk kita yang pernah jadi korban bully

Bully  merupakan suatu hal yang banyak dijumpai dalam kehidupan era sekarang. Maka dari itu penting sekali berteman dengan orang yang positif, yang bisa mendukung kita dalam meraih mimpi. Namun terkadang hidup tidak bisa kita kendalikan sesuai apa yang kita inginkan. Selalu saja ada orang yang berusaha merendahkan dan berujung trauma.

Bagi kamu yang pernah mendapat bully di sekolah, percayalah kamu tidak sendiri. Ada ratusan bahkan rubuan orang di dunia berusaha melupakan itu. Berikut cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan trauma buruk tersebut.

1. Tuliskan dalam sebuah buku

4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika SekolahPexels/pixabay.com

Daripada kamu menyalahkan diri karena tidak bisa melawan, lebih baik tuliskan dalam sebuah kertas sampai kamu merasa lega. Tindakan ini merupakan pelampiasan positif ketimbang mengingat hal yang ditakutkan.

2. Bersikap dingin dan abaikan

4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika SekolahPexels/Bahaa A. Shawqi

Sifat kamu yang lembut dan sensitif justru membuat kamu terlihat lemah. Maka tegakan bahumu sembari berusaha terus maju. Sebab di setiap perjuangan selalu ada penghalang, maka jangan pedulikan omongan orang. Mungkin kamu terlalu perasa sehingga hal yang menurut orang lain hanya bercanda, kamu menganggap itu serius.

Baca Juga: Tertekan Karena Dibully, 5 Film Ini Mengajarkanmu Untuk Bangkit

3. Hilangkan emosi negatif

4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika SekolahPexels/pixabay.com

Kamu trauma karena kamu percaya bahwa apa yang dikatakan mereka benar adanya. Padahal sejatinya tidak, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Kebahagiaan dan kesedihan adalah hal yang sama tergantung sudut pandang yang kamu pakai. Maka dari itu belajar untuk berdamai dengan keadaan.

4. Memaafkan masa lalu

4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika SekolahPexels/ Enoch Patro

Trauma tercipta karena kamu selalu mengigat akan hal itu, hal yang paling sedih dalam hidup. Namun sejatinya hal itu telah lalu jadi mengapa mesti diperdebatkan. Jangan hiasi hatimu dengan dendam karena setiap orang punya kesalahan. Coba hubungi orang yang dulu pernah bully kamu, karena kita tidak tahu kapan seseorang akan berubah.

Baca Juga: 6 Makna Hidup yang Kamu Dapatkan Ketika Jadi Korban Bully

bayu prasetya Photo Writer bayu prasetya

penikmat tulisan dan sastra.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya