Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!

That's a new level of low

Tindakan bully seperti apapun bentuknya tidak dibenarkan. Kita tidak akan pernah tahu apa dampak kejiwaan ataupun kesehatan yang bisa timbul pada korban maupun mereka yang terkait dengan korban akibat perilaku bully. Tidak hanya hitungan jari bahwa banyak kasus bully yang berakhir naas. Bully yang dulunya merupakan penindasan secara langsung baik fisik maupun verbal, kini lebih sering dilakukan lewat media sosial. Yang lebih mengejutkan, seseorang nampak dengan percaya dirinya mendukung perilaku menyimpang tersebut.

Sedihnya ada pihak yang membuka jasa bully akun media sosial orang lain

Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!instagram.com/nikitamirzanimawardi

Sudah menjadi hal biasa jika dalam akun media sosial terbuka (tidak private), kita akan mendapatkan pesan di kolom komentar berisi produk maupun jasa dari yang konvensional hingga senonoh. Seringnya kita menjumpai ini di akun Instagram. Namun yang mengejutkan baru-baru ini adalah munculnya akun penjual jasa yang menawarkan jasa untuk mem-bully akun orang lain.

Ridwan Kamil, Walikota Bandung, prihatin dengan adanya penawaran jasa cyber bully

Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!papasemar.com

Walikota asal Bandung, Ridwan Kamil, yang cukup aktif di media sosialnya menyebutkan di salah satu postingan Instagramnya bahwa beliau menyayangkan seseorang mengambil jalan menawarkan jasa cyber bullying untuk mencari uang. Beliau berharap generasi penerus bangsa saat ini mampu bijak memilih “pekerjaan” yang bermanfaat untuk sekitar, tidak hanya asal menghasilkan uang. Kalaupun memang tidak bermanfaat, setidaknya jangan menimbulkan masalah.

Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!instagram.com

Baca Juga: Hati-Hati! Kalau Kamu Sering Melakukan 11 Hal Ini, Berarti Kamu Sedang Melakukan Bullying

Cyber bullying memiliki dampak yang jauh lebih serius dibandingkan dengan rundung secara langsung

Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!eldiamantedig.wordpress.com

Tidak banyak penindaklanjutan atas kasus cyber bullying kecuali jika pelakunya mencantumkan identitas asli yang jelas. Cyber bullying lebih sering dan lebih mudah terjadi karena dunia maya mampu menyembunyikan identitas pelakunya, sehingga kasusnya lebih susah untuk diselesaikan. Sementara pelaku bisa “kabur” dengan lebih mudah menggunakan nama atau foto palsu, akibat dari cyber bully bisa mengancam korban lebih serius. Tindakan bully yang dilakukan pada korban dapat dilihat oleh kalangan orang yang lebih banyak dan tidak terbatas mengingat internet bisa menjangkau seluruh dunia. Rasa malu atau tertekan yang dialami oleh korban akan lebih besar, dan ini memiliki bahaya yang serius.

Memprihatinkan, Ada Jasa Bully Berbayar di Instagram!keyloggers.mobi

Peraturan mengenai perilaku di media sosial memang telah diatur secara hukum dengan batasan-batasan yang jelas. Sanksi untuk para pelanggar hukum di media sosial pun juga sudah cukup jelas. Sayangnya, lebih susah terkontrol mengingat akun media sosial dengan mudahnya memungkinkan anonimitas ataupun identitas palsu. Semoga kita sebagai generasi muda bisa lebih bijak bersikap di media sosial, agar kita menjadi generasi penerus yang kompak saling menguatkan satu sama lain.

Baca Juga: Sadar Nggak Sadar, Kita Bisa Jadi Penjahat Internet dan Seseorang di Sana Jadi Korbannya

Topic:

Just For You