Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  

Dari daur ulang sampai bantu pemulung Bali

Jakarta, IDN Times - Hari Peduli Sampah Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan jatuh pada tanggal 21 Februari mendatang. Tentunya hal ini bukan sebatas peringatan biasa, tetapi juga perlu aksi nyata.

AQUA sebagai salah satu perusahaan air minum dalam kemasan di Indonesia pun turut aktif dalam acara peringatan ini. AQUA pun tak ragu lakukan berbagai inovasi ini dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Apa aja sih? IDN Times sudah rangkumkan untuk kamu. Yuk ikutan!

1. AQUA turut mendukung usaha pemerintah untuk mengurangi sampah plastik

Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  AQUA bekerja sama dengan Malu Dong (Komunitas peduli lingkungan) sedang membersihkan sampah plastik di pantai (Dok. AQUA)

Sejak pertama kali diperingati pada 2006, Hari Peduli Sampah Nasional mengajak masyarakat dan pelaku bisnis untuk berpartisipasi aktif dalam mengelola sampah.

AQUA berkomitmen untuk menciptakan pengelolaan sampah yang dapat berkontribusi langsung untuk ekonomi Indonesia. Caranya keren guys yaitu dengan meningkatkan implementasi bisnis yang lebih ramah lingkungan dan menginisiasi Gerakan Bijak Berplastik yang mendukung ekonomi sirkular.

Apa sih ekonomi sirkular itu? Ekonomi sirkular adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi sampah dan polusi, dengan memperpanjang waktu pakai produk dan material dan mendukung regenerasi sistem alami.

Nah, ini bukan hal baru loh untuk AQUA. Sejak 1983, AQUA telah mempelopori inovasi kemasan ramah lingkungan lewat kemasan galonnya dan memastikan 70% bisnis berjalan secara sirkular.

Sejak tahun 2018, AQUA meluncurkan Gerakan Bijak Berplastik yang berfokus terhadap tiga pilar utama: pengumpulan, edukasi, dan juga inovasi kemasan. Penasaran bagaimana? Scroll terus, ya!      

Baca Juga: Danone-AQUA Berkolaborasi dengan Anak Muda Bersihkan Sungai di Jakarta

2. Inovasi Kemasan AQUA untuk dukung ekonomi sirkular

Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  

Pemerintah Bali telah lama menggencarkan usaha untuk mengurangi sampah plastik. AQUA pun memilih Pulau Bali sebagai contoh perwujudan ekonomi sirkular melalui berbagai kolaborasi dan inisiatif. Setelah memelopori kemasan galon dan meluncurkan inovasi AQUA Life yang 100% kemasannya dapat didaur ulang dan terbuat dari 100% plastik daur ulang.

Pada tahun 2020, AQUA melanjutkan inovasinya melalui kehadiran kemasan botol kaca yang lebih sirkular dan botol 600ml 100% rPET (recycled PET), yang terbuat dari plastik daur ulang untuk mengurangi pemakaian plastik baru dalam produksi botol. Kemasan baru ini dapat diidentifikasi dari labelnya yang menunjukkan logo produk di antara dua panah melingkar.

Dalam pembuatan botol baru, AQUA juga memastikan seluruh botol tersebut sudah memenuhi kriteria pangan, SNI, BPOM, tersertifikasi halal lho guys. Botol r-PET tersebut tersedia di Bali sejak Desember 2020 dan dapat dibeli di toko setempat. Coba cek!

3. AQUA ajak kita semua bantu pemulung Bali dan memudahkan konsumen mengembalikan kemasan botol plastik bekas

Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  Pelestari Octopus menjemput sampah plastik untuk didaur ulang (Dok. AQUA)

Gak hanya itu, untuk memaksimalkan pengumpulan sampah botol plastik. AQUA juga bekerja sama dengan Octopus, sebuah aplikasi pengumpulan kemasan bekas, untuk menyediakan layanan pengangkutan botol dan gelas plastik melalui pemberdayaan pemulung di Bali. Melalui aplikasi tersebut, konsumen bisa memanggil para scavenger (pemulung sampah) Octopus untuk menjemput sampah plastik dari rumah kita untuk kemudian dibawa ke pusat daur ulang terdekat.

Efeknya? Tentu saja dapat meningkatkan efisiensi dan pendapatan pemulung. Lebihnya lagi, konsumen akan mendapat poin untuk setiap botol yang didaur ulang. Poin yang terkumpul dapat ditukar dengan kupon atau disumbangkan ke pemulung sekitar.

Yang lebih keren lagi ternyata pengumpulan sampah juga dapat membuka lapangan pekerjaan kepada pemulung sebagai supervisor proses pembersihan dan daur ulang sampah plastik ke produk baru di RBU. Mantap, ‘kan?         

Hingga saat ini AQUA telah mengumpulkan rata-rata 13.000 ton sampah plastik setiap tahun melalui enam unit bisnis daur ulang (RBU) di seluruh Indonesia. Di Bali, AQUA bahkan mengumpulkan lebih banyak plastik  dari yang digunakan untuk kemasan AQUA. Bahkan yang keren juga AQUA pernah menciptakan pakaian dari botol plastik, bekerja sama dengan H&M lho!

Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  Mengumpulkan hampir 13.000 ton botol per tahun (Dok. AQUA)

AQUA menyadari kalau penanganan sampah membutuhkan kerja sama erat antara seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, AQUA terus mendukung usaha pemerintah melalui peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dan beraspirasi untuk terus berinovasi dan mengajak para konsumen untuk lebih bijak dalam memilah sampah dari rumah terutama sampah kemasan plastik karena memiliki nilai tinggi dan dapat meningkatkan ekonomi para scavenger

Untuk yang tidak tinggal di Bali jangan takut, sebab AQUA juga berkolaborasi dengan Grab lho! Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi bisa langsung mengirimkan botol dan gelas plastik serta kardus bekas yang sudah kamu kumpulkan, dan dikirim melalui GrabExpress Recycle!

AQUA juga bekerja sama dengan Kami Angkut untuk sekolah-sekolah, tempat futsal, dan restoran di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bekasi, dengan cara menghubungi fasilitas mitra Recycle Business Unit yang dekat dengan wilayah mereka.

Mulai peduli dengan sampah gak susah kok. Kita bisa mulai dengan memilahnya mulai dari rumah, mendaur ulang, dan lebih selektif dalam memilih produk yang mendukung kebaikan untuk alam. Misalnya, dengan memilih untuk mengonsumsi produk yang terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang. Yuk, #BijakBerplastik bersama AQUA untuk wujudkan Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan! (CSC)

Baca Juga: 5 Langkah AQUA Wujudkan Gerakan Kelola Sampah pada Generasi Muda

Topik:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya