Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masa

Didominasi pemain Brazil dan Argentina

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin dikenal sebagai penendang free kick ulung. Namun, tahukah kamu ternyata kedua pemain top tersebut belum masuk ke dalam daftar sepuluh besar top skor tendangan bebas lho. Penasaran siapa saja legenda sepak bola yang berhasi masuk ke dalam daftar tersebut? Inilah daftar 10 besar top skor free kick sepanjang masa:

1. Juninho Pernambucano

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masascoopnest.com

Salah satu pemain nomor 8 terbaik di era sepakbola modern. Nama Juninho melambung ketika berseragam Olympique Lyonnais dan mampu mengantarkan klub tersebut menjadi juara Ligue 1 sebanyak 7 kali beruntun.

Pemain tengah ini dikenal sebagai kaisar untuk urusan tendangan bebas. Tidak tanggung-tanggung, selama berkarir di lapangan hijau, ia sudah mampu mencetak 77 gol melalui free-kick, bersama klub dan timnas Brazil.

Teknik menendang free kick milik Juninho dikenal sebagai knuckleball. Ia menggabungkan kecepatan, kekuatan, ketepatan, dan kurva, yang membuat arah bola sulit ditebak kiper manapun.

2. Pelé

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masatwitter.com/theleaguemag

Selama menjadi pemain bola profesional, Pelé diklaim telah mencetak total 70 gol melalui tendangan bebas. Yang mengesankan dari prestasi penyerang Brazil ini adalah ia melakukannya ketika bola masih dibuat dengan kulit yang tebal, menunjukkan kekuatannya dalam mengeksekusi bola mati.

Bernama asli Edson Arantes do Nascimento, Pelé adalah salah satu legenda sepakbola dunia. Bersama Brazil, ia sukses merengkuh World Cup sebanyak tiga kali. O Rei sendiri, demikian julukannya, bersanding dengan Maradona sebagai pemain terbaik dunia abad ke-20.

3. Ronaldinho

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masasoccerladuma.co.za

Pemain tim Samba lainnya yang jago dalam urusan bola mati adalah Ronaldinho. Memiliki nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira, ia sukses menceploskan 66 gol via tendangan bebas selama merumput sebagai pemain bola profesional.

Ada banyak gol indah yang telah dilahirkan mantan penggawa Barcelona ini melalui sepakan bebas. Salah satu yang paling dikenang adalah free kick berjarak 40 yard yang menghujam gawang David Seaman di gelaran World Cup 2002.

4. Victor Legrotaglie

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masasquawka.com

Nama yang lumayan asing bagi pencinta sepakbola modern. Gak heran karena Victor Legrotaglie berkiprah pada era 1960-an sampai 1970-an, dan tidak pernah memperkuat klub di luar negaranya, Argentina.

Meski gak terlalu populer, namun pria kelahiran 1937 ini ternyata cukup jago mengeksekusi tendangan bebas. Seperti Ronaldinho, ia juga telah melahirkan 66 gol melalui free kick.

5. David Beckham

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masachinstarnews.com

Idola kaum Hawa sebelum Cristiano Ronaldo. David Beckham adalah salah satu penendang bebas terbaik yang pernah dimiliki Inggris, Manchester United, bahkan Real Madrid.

Kemampuan Becks dalam menendang bola dengan arah melengkung telah menjadi legenda (bahkan dijadikan inspirasi film). Selama merumput, total ia telah mencetak 65 gol via sepakan bebas terukur.

Baca Juga: 5 Pemain Bola Hebat Ini Belum Pernah Membela Negaranya

6. Diego Maradona

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masathesefootballtimes.co

Pemain Argentina ini mungkin lebih terkenal berkat aksi solo gol ketika melawan Inggris pada World Cup 1986. Atau, saat ia menceploskan bola dengan tangan melawan tim yang sama, di ajang yang sama.

Tetapi, skill Dewa Argentina ini gak berhenti di situ. Bertubuh gempal, ia juga jago mencetak gol via free kick. Total, Maradona meluncurkan bola sebanyak 62 kali ke gawang lawan melalui tendangan bebas, dengan trademark bola terangkat pelan tetapi terarah.

7. Zico

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masajoe.ie

Dijuluki Pelé Putih, menggambarkan bagaimana kemampuan olah bola seorang Zico. Ia adalah anggota timnas Brazil generasi 1980-an, yang dianggap sebagai yang terbaik meski gagal mengecap gelar juara dunia.

Zico sendiri disebut-sebut sebagai gelandang serang dengan keanggunan, ketenangan, dan keterampilan luar biasa. Ia juga jago dalam urusan bola mati, dengan total menghasilkan 62 gol via free kick.

8. Ronald Koeman

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masafcbarcelona.com

Sebelum Lionel Messi, Ronald Koeman adalah raja tendangan bebas di Camp Nou. Pemain asal Belanda tersebut dikenal memiliki tembakan yang kencang, dan bisa mencetak gol dari permainan terbuka atau bola mati.

Selama berkarir di lapangan hijau, Koeman tercatat mampu menceploskan 60 gol lewat tendangan bebas. Momen terbaiknya tentu saja saat memastikan kemenangan La Blaugrana di final Liga Champions 1991/1992 versus Sampdoria.

9. Rogerio Ceni

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masaindependent.co.uk

Siapa bilang kiper hanya punya tugas mengawal gawang? Jika diperlukan, kiper pun berkesempatan untuk mencetak gol. Hal ini terjadi pada Rogerio Ceni. Penjaga gawang kelahiran Brazil ini dikenal punya senjata andalan, free kick mematikan. Total, ia telah mengumpulkan 59 gol via bola mati. Bahkan, pernah dalam satu musim, ia mencetak 21 gol. Angka yang fantastis untuk seorang penjaga gawang.

10. Marcelinho Carioca

Gak Ada Messi, Ini 10 Top Skor Free Kick Sepanjang Masameutimao.com.br

Pemain Brazil yang berposisi sebagai gelandang serang ini juga mumpuni dalam hal mencetak gol via tendangan bebas. Seperti Rogerio Ceni, total ia juga telah membuat 59 gol via free kick.

Dengan skillnya menghadapi bola mati, Carioca lantas mendapatkan julukan Angel Foot. Sayangnya, selama berkarir mulai 1988 hingga 2009, ia hanya sempat membela klub semenjana Perancis, Ajaccio. Selebihnya, ia lebih banyak menghabiskan karir di tanah kelahiran.

Baca Juga: 5 Pemain Bola Profesional yang Anehnya Membenci Sepak Bola

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya