Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!

Bukan lagi sekedar makanan warung yang murah meriah saat bokek.

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti familiar dong sama yang namanya tempe? Yep, makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai oleh bantuan kapang Rhizopus oligosporus ini sudah dikonsumsi oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak berabad-abad lalu, hingga sekarang. Meski begitu, tempe yang purbakala banget ini sekarang sedang ada diambang pertaruhan identitas budaya, lho! Buat kamu yang belum tahu, saat kamu membaca artikel ini, situs change.org tengah menampung petisi dari total belasan ribu orang Indonesia yang diwakili Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan atau Pergizi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta UNESCO Indonesia untuk “mengamankan” status tempe sebagai milik dan warisan Indonesia. Menurut orang-orang ini, kalau batik aja bisa, maka tempe yang udah berabad-abad usianya juga pasti bisa!

Jadi, buat kamu yang masih malu makan tempe di depan teman-teman kamu (padahal kamu suka), saatnya buat memberikan tanda tangan kamu dan menjadikan tempe naik pamor.

Buat kamu yang belum yakin, kenapa sih harus ada “ribut-ribut” seperti ini soal tempe yang nggak langka dan bukan karya seni yang harus dilestarikan, ada sembilan catatan untuk buat kamu bangga sama tempe!

1. Tempe pertama dibuat oleh hasil eksperimen masyarakat di Jawa Tengah, sekitar tahun 1700-an. Bayangkan! Tahun 1700 aja, nenek moyang kita udah bereksperimen sama molekul-molekul makanan yang nggak gampang.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber gambar: beritaenam,com

2. Tempe sekarang udah jadi makanan wajibnya para vegetarian hampir di seluruh dunia, yang biasanya harus tersiksa makan makanan hambar dan terbatas jenisnya. Dengan hadirnya tempe di hidup para vegetarian, lidah mereka jadi mengecap rasa tempe yang unik dan gampang diolah jadi apa saja.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: wilandwayskitchen.com

3. Tempe menghidupi masyarakat kecil, karena industri rumahan yang membuat asap dapur tetap mengepul. Bayangkan, ada sekitar 100,000 produsen tempe tersebar di seluruh Indonesia, dengan produksi sebanyak maksimal 2 ton per harinya.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: guidetrip.com

4. Di dalam tempe yang sederhana dengan bentuk yang tidak terlalu indah, terdapat kekayaan protein yang memenuhi 10% asupan protein harian, lebih banyak daripada telur atau daging. Super food!

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: kuliner.ilmci.com

5. Tempe adalah masakan yang mengingatkan kamu pada rumah dan keluarga. Karena berangkat dari kesederhanaan rumah tangga, tempe mudah kamu temui di mana saja, dan ibu kamu pasti pernah memasakkan kamu tempe. Inilah yang bakal mengingatkan kamu pada rumah dan masakan ibu, sehingga ke manapun kamu pergi berpetualang, rumah dan keluargalah yang selalu ada di pikiran kamu berkat tempe.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: customtutorial.blogspot.com

6. Tempe punya potensi mengatasi masalah kekurangan gizi pada penduduk miskin. Kekayaan proteinnya yang masih sering diabaikan sebenarnya bisa menjadi solusi gizi buruk, tidak hanya di Indonesia, namun juga di negara-negara yang masih dihadapkan dengan masalah kemiskinan. Tidak perlu mahal untuk bebas dari keterbelakangan nutrisi dengan tempe.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: beradadisini.com

7. Tempe adalah makanan yang tepat mereprentasi Indonesia. Hah, kok bisa? Selain rasanya enak, tempe juga bisa dibuat menjadi bermacam-macam masakan. Tempe yang direbus, ditumis, digoreng atau dipanggang, semuanya akan mengeluarkan rasa enak alamiah dari tempe. Sama seperti Indonesia yang memiliki keberagaman yang kaya, semuanya dengan keindahannya masing-masing dan dalam kesederhanaan berbangsa dan bertanah air. Indonesia yang sebenar-benarnya adalah rakyat kecilnya, dan rakyat kecil Indonesia adalah rakyat yang senantiasa memasukkan tempe sebagai teman menu nasi hangat. Tempe juga merupakan simbol kreativitas masyarakat awal Indonesia ketika belum ada teknologi apapun.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

8. Salah satu apresiasi terhadap tempe yang sudah diprakarsai pada bulan Februari awal tahun ini hadir dalam bentuk International Youth Conference on Tempe yang diadakan di Yogyakarta. Konferensi ini menaikkan kesadaran para pemuda dan pemudi untuk lebih menghargai tempe sebagai bahan pangan inovasi bangsa dan mengupas lebih lanjut berbagai potensi tempe yang bisa diambil oleh para pemuda Indonesia. Hal ini membuktikan betapa pentingnya tempe sebagai identitas budaya Indonesia, yang tidak boleh ditelantarkan dan dibiarkan dicuri lagi oleh bangsa lain.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

9. Karena tidak perlu banyak alasan buat kamu untuk bangga sama Indonesia, dan segala bentuk kekayaannya yang tanpa batas, termasuk tempe. Tempe, terlepas dari sering tidaknya kamu mengonsumsinya, adalah makanan asli, khas, rakyat Indonesia dan sudah selayaknya tempe diapresiasi berdasarkan sumbangsihnya akan kebutuhan pangan di Indonesia.

Dari Warung Kaki Lima ke Status Bintang Lima: 9 Alasan untuk Buat Kamu Bangga Sama Tempe!Sumber Gambar: nibbledish.com
Kalau mau tahu lebih banyak hal keren selain tempe yang bisa dibanggakan dari Indonesia, cari tahu/lihat/cek di cheersbanggaindonesia.com.

Jangan lupa juga share aneka cerita yang membanggakan di Indonesia dengan hashtag #CheersBanggaIndonesia, sehingga lebih banyak orang tahu tentang prestasi Tanah air kita. Tuliskan juga pendapat kamu soal bagaimana tempe bisa menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia!

Topik:

Berita Terkini Lainnya