Kerja Sama dengan Marketplace Korsel, BNI Bawa Batik Ke Pasar Global

Sejalan dengan misi program UMKM Go Global

Jakarta, IDN Times - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) membuka jalan bagi pengrajin batik Indonesia untuk menembus pasar Korea Selatan melalui akses digital. Hal tersebut merupakan buah dari perjanjian kerja sama antara Backpackr.Inc (IDUS) dengan nasabah binaan BNI, Batik Chic.

General Manager BNI Seoul, Anisfu, mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan misi BNI untuk mendorong transaksi ekspor dari UMKM Indonesia ke luar negeri melalui program UMKM Go Global.  

1. Fasilitasi UMKM untuk bersaing di pasar internasional

Kerja Sama dengan Marketplace Korsel, BNI Bawa Batik Ke Pasar GlobalPenandatanganan kerja sama antara Backpackr.Inc (IDUS) dengan nasabah binaan BNI, Batik Chic. (Dok. BNI)

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan secara virtual oleh Donghwan Kim dari IDUS, dengan Novita Yunus perwakilan dari Batik Chic pada akhir pekan lalu.

Momentum itu disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi dan General Manager BNI Seoul Anisfu sebagai fasilitator dan inisiator. Anisfu menjelaskan, BNI berada di garda terdepan dalam memfasilitasi produk UMKM untuk bisa bersaing di pasar internasional. 

“Ke depannya diharapkan makin banyak UMKM yang bisa berpartisipasi untuk Go Global," ujar Anisfu di sela-sela acara penandatanganan tersebut.

Perlu diketahui, Backpackr.inc (IDUS) merupakan perusahaan marketplace di Korea Selatan. Aplikasi IDUS memfasilitasi para artis dan pengrajin untuk memasarkan produk-produk handmade

Per April 2021, tercatat 23.000 produsen atau penjual telah mendaftar dan memasarkan lebih dari 320.000 produk di Korea Selatan. Batik Chic sendiri merupakan nasabah binaan BNI yang telah berkecimpung dalam produksi fashion batik sejak 2009.

Baca Juga: Bangun Kompetensi, BNI-PLN Luncurkan Buku Pintar Hedging 

2. Kembangkan layanan terintegrasi Xpora

Kerja Sama dengan Marketplace Korsel, BNI Bawa Batik Ke Pasar GlobalPenandatanganan kerja sama antara Backpackr.Inc (IDUS) dengan nasabah binaan BNI, Batik Chic. (Dok. BNI)

Anisfu juga menjelaskan bahwa saat ini BNI sedang mengembangkan one stop shopping solution berupa layanan terintegrasi melalui Xpora. Salah satu fitur yang ditawarkan Xpora adalah B2B matchmaking, di mana BNI mempertemukan UMKM Indonesia dengan potential buyer di luar negeri melalui jaringan Kantor Cabang Luar Negeri BNI di Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York dan Seoul. 

BNI Seoul sendiri merupakan satu-satunya bank milik Indonesia yang hadir di Korea Selatan. Fokus utama bisnis BNI Seoul adalah sebagai fasilitator bagi pengusaha Indonesia yang ingin memasuki market Korea Selatan dan sebaliknya. 

BNI Seoul juga memberikan berbagai produk dan layanan perbankan untuk diaspora Indonesia yang tinggal di Korea Selatan. Transaksi perbankan seperti remittance, pengajuan produk konsumer, hingga penyediaan kredit modal kerja/KUR disediakan bagi diaspora yang memiliki usaha. 

3. Ikut rayakan HUT ke-75 BNI

Kerja Sama dengan Marketplace Korsel, BNI Bawa Batik Ke Pasar GlobalPenandatanganan kerja sama antara Backpackr.Inc (IDUS) dengan nasabah binaan BNI, Batik Chic. (Dok. BNI)

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-75  BNI, BNI Seoul mengajak masyarakat Indonesia di Korea Selatan untuk turut merayakan melalui kegiatan BNI Seoul Virtual Cycling dan Webinar “Reksadana Investasi Mudah dan Murah” yang dilaksanakan pada 11  Juli 2021. 

BNI Seoul Virtual Cycling atau bersepeda bersama secara virtual dengan target jarak sebanyak 19.46 kilometer telah dimulai sejak tanggal 26 Juni 2021 lalu hingga puncaknya pada tanggal 11 Juli 2021.

Semua peserta bisa bersepeda setiap hari atau dengan jadwal dan rute masing-masing secara bertahap hingga target jarak lomba tercapai. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia di Korea Selatan, baik pekerja migran, pelajar, hingga staf pemerintahan dari KBRI Seoul.

Sedangkan acara Webinar Seri Investasi yang bertema Reksadana, Investasi Mudah dan Murah, merupakan kelanjutan dari seri investasi yang telah dilakukan sebelumnya dengan tujuan memberikan literasi kepada masyarakat Indonesia yang berada di Korea Selatan mengenai pilihan investasi yang sesuai dengan profil risiko masing-masing, dan berkolaborasi dengan BNI Asset Management. (WEB)

Baca Juga: Pengguna dan Transaksi Terus Tumbuh Lewat The New BNI Mobile Banking

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya