Comscore Tracker

8 Film Dark Fantasy yang Memiliki Cerita Gak Biasa

Ceritanya emang beda

Film bergenre dark fantasy menjadi tayangan yang cukup menarik karena memiliki kisah yang berbeda dibandingkan cerita fantasi pada umumnya. Disamping itu kisah film ini juga menyuguhkan sensasi menegangkan layaknya film horor, namun tentu bukan dengan jumpscare di film horor pada umumnya. Namun lebih tepatnya sensasi dark yang disisipkan dalam setiap ceritanya, tapi dipadu dengan kisah fantasi yang membuahkan karya menarik pastinya. 

Bagi kalian yang ingin mencoba menonton film yang lain dari kisah fantasi pada umumnya. Bisa banget menyimak beberapa film bergenre dark fantasy berikut ini. 

1. Pan's Labyrinth (2006)

https://www.youtube.com/embed/E7XGNPXdlGQ

Pan's Labyrinth termasuk film bergenre dark fantasy yang disutradarai oleh sutradara kondang asal Meksiko, Guilermo del Toro. Film yang menggunakan bahasa Spanyol ini sudah diluncurkan pada 11 Oktober 2006 di Spanyol dan 20 Oktober 2006 di Meksiko. Film ini mampu meraih kesuksesan dengan mendapatkan tiga penghargaan dalam Academy Awards, dalam nominasi Best Cinematography, Best Production Design dan Best Makeup and Hairstyling. Serta masih mampu mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dari ajang lainnya. 

Film ini bersetting pada masa Perang Sipil di Spanyol, dengan pemeran utama merupakan anak perempuan berusia 11 tahun, bernama Ofelia. Cerita bermula ketika Ofelia pindah ke tempat baru yang terdapat labirin di belakang rumahnya. Namun ia kemudian menemukan sebuah dunia fantasi yang terdapat berbagai makhluk aneh di dalamnya. 

2. Red Riding Hood (2011)

https://www.youtube.com/embed/PM8V3cHdSC4

Red Riding Hood mengisahkan mengenai kisah lain dari dongeng berjudul 'Little Red Riding Hood', yang sudah banyak dikenal. Kisah ini mengenai seorang gadis bernama Valerie yang harus memutuskan untuk kabur dari desanya karena dipaksa untuk menikah dengan anak orang kaya bernama Henry, sedangkan ia lebih memilih Peter untuk menjadi kekasihnya. Namun ia harus kabur melalui sebuah hutan yang dipenuhi oleh manusia serigala yang siap menerkam kapan saja. 

Film ini sudah dirilis pada 11 Maret 2011, yang dibintangi oleh Amada Seyfield sebagai pemeran utamanya. Namun sayangnya film ini kurang mendaparkan respon positif dari para penonton. 

3. Hansel and Gretel : Which Hunter (2013)

https://www.youtube.com/embed/9246msCh7x4

Selanjtunya terdapat film Hansel & Gretel: Which Hunter yang berdasarkan dari kisah dongeng terkenal asal Jerman, berjudul Hansel & Gretel. Cerita dari film ini mengenai dua orang bersaudara bernama Hansel dan Gretel yang sudah dewasa, setelah sebelumnya sempat akan dimakan oleh penyihir. Namun kali ini mereka mempunyai misi memburu para penyihir untuk membalaskan dendam mereka ketika masih kecil.

Film ini sudah dirilis pada tanggal 25 Januari 2013 serta mendapatkan respon cukup baik dari para pemirsa, dan meraup keuntungan cukup besar. 

Baca Juga: 5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazon

4. Maleficent (2014)

https://www.youtube.com/embed/w-XO4XiRop0

Selanjutnya terdapat film Maleficent yang menceritakan kisah lain dari seorang ratu kegelapan jahat bernama Maleficent, yang ada dalam dongeng 'Sleeping Beauty'. Film berkisah dari asal mula seorang ratu Maleficent dan bagaimana hubungannya dengan raja Stefan, hingga kemudian memberikan kutukan kepada Aurora, yang merupakan putri raja. Film ini dibintangi oleh aktris tersohor Angelina Jolie yang memerankan tokoh utama Maleficent. 

Film ini sudah dirilis pada 30 Mei 2019, serta berhasil meraih simpati yang cukup besar dari para penonton serta mampu meraup keuntungan yang besar. Kabar baiknya, tahun ini bakalan dirilis sequel film ini yang berjudul Maleficent: Mistress of Evil

5. Into the Woods (2014)

https://www.youtube.com/embed/diTyTMIRz6A

Into the Woods adalah film bergenre dark fantasy lain yang sudah ditayangkan tepat pada hari Natal, 25 Desember 2014. Film ini bintangi oleh berbagai aktor dan aktris terkenal seperti Maryl Streep, Anna Kendrick, Emily Blunt, James Corden dan lainnya. Film ini juga mampu masuk dalam beberapa nominasi di Academy Awards dan Golden Globe pada tahun 2015 , meskipun tidak berhasil meraih penghargaan. 

Film ini berkisah tentang seorang penjual roti dan istrinya yang berusaha untuk menghilangkan kutukan pada anaknya. Mereka diharuskan untuk berpetualang dan mendapatkan berbagai macam benda-benda ajaib pada setiap cerita dongeng, untuk membalikkan kutukan tersebut. 

6. Miss Peregrine's Home for Peculiar Children (2016)

https://www.youtube.com/embed/tV_IhWE4LP0

Salah satu film bergenre dark fantasy yang menarik adalah Miss Peregrine's Home for Peculiar Children yang mengadaptasi kisah dari novel berjudul sama terbitan tahun 2011, karangan Ransom Riggs. Kisah dalam film ini mengenai seorang anak remaja berusia 16 tahun bernama Jake Portman yang memiliki kekuatan khusus untuk melihat makhluk bernama Hollow dan menyelamatkan Miss Peregrine dan anak-anak aneh yang tinggal bersamanya. 

Film Miss Peregrine's Home for Peculiar Children ini sudah dirlis pada 30 September 2016, serta dibintangi berbagai aktor dan aktris terkenal seperti Eva Green, Samuel L Jackson, serta tak ketinggalan Asa Butterfield dan Ella Purnell. 

7. A Monster Calls (2017)

https://www.youtube.com/embed/R2Xbo-irtBA

A Monster Calls termasuk film dengan genre dark fantasy yang sudah dirilis tanggal 6 Januari 2017 dan sempat premier di Toronto Film Festival tahun 2016. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama rilisan tahun 2011, tulisan dari Patrick Ness seorang penulis dan jurnalis terkenal asal AS. 

Film ini membawakan kisah fantasi tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama Conor O'Malley yang menghadapi berbagai cobaan di sekolah akibat bullyan dari temannya. Sedangkan di rumah ia harus merawat ibunya yang sedang sakit parah, tapi kemudian ia bertemu dengan monster pohon yang ia jadikan sebagai teman. 

8. The Dark Tower (2017)

https://www.youtube.com/embed/GjwfqXTebIY

The Dark Tower merupakan salah satu film yang dirilis pada 4 Agustus 2017, yang diadaptasi dariseri  novel berjudul sama, karangan dari Stephen King. Namun sayangnya film ini tidak berhasil meraih hasil baik, justru mendapatkan respon negatif dari para penggemar seri novel Stephen King ini. 

Kisah film ini bermula dari seorang anak yang mempunyai penglihatan mengenai sebuah dunia yang terdapat Dark Tower. Hingga kemudian ia masuk ke dalam Mid-World, yang merupakan sebuah dunia yang terdapat Dark Tower. Selanjutnya bertemu dengan seorang Roland yang juga berusaha menyelamatkan kedua dunia. 

Itu dia beberapa rekomendasi film bergenre dark fantasy, bagi kalian yang ingin menonton kisah fantasi dengan cerita yang beda. Kira-kira mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Film Dokumenter yang Bakal Mengubah Pandanganmu Soal Lingkungan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya