Comscore Tracker

Piala Dunia 2018 Membuat Penjualan Retail di Rusia Meningkat 3%

Dampak positif dari Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 Rusia rupanya mendatangkan berkah dan keuntungan bagi pengusaha retail dari negeri beruang merah tersebut. Berdasarkan data dari Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia menyatakan, bahwa pada bulan Juni 2018 perdagangan retail meningkat 3% dibandingkan bulan Mei yang berjumlah 2,4%.

Meningkatnya pertumbuhan perdagangan retail tentu dipengaruhi oleh adanya event Piala Dunia 2018, yang berhubungan dengan tingginya permintaan dari para konsumen pada saat acara tersebut diselenggarakan, dilansir dari Tass.com.

1. Pertumbuhan ekonomi Rusia cenderungmenurun

Piala Dunia 2018 Membuat Penjualan Retail di Rusia Meningkat 3%themoscowtimes.com

Berbeda dengan perdagangan ritel yang mengalami peningkatan cukup signifikan, tapi nyatanya pertumbuhan ekonomi Rusia tidak mengalami peningkatan yang signifikan dan cenderung menurun dibanding sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi Rusia pada bulan Juni hanya sebesar 1,1%. Sedangkan pada bulan April dan Mei mengalami pertumbuhan sebesar 2,2%.

Sektor kontruksi dan pertanian menunjukkan hasil yang paling rendah. Sedangkan pada sektor Industri mengalami sedikit penurunan pada bulan Juni sebesar 2,2% dari sebelumnya pada bulan Mei sejumlah 3,7%.

2. Piala Dunia hanya berdampak kecil bagi perekonomian Rusia

Piala Dunia 2018 Membuat Penjualan Retail di Rusia Meningkat 3%businessinsider.sg

Menurut Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maksim Oreshkin, menyatakan bahwa Piala Dunia 2018 memang hanya akan berdampak kecil bagi indikator ekonomi makro Rusia, tapi berdampak pada kota-kota penyelenggara yang akan dikenal oleh dunia.

Selain itu pembangunan untuk infrastruktur Piala Dunia akan membangkitkan pembangunan pada masing-masing wilayah yang lebih merata.

3. Piala Dunia berkontribusi $13,5 juta ke PDB Rusia

Piala Dunia 2018 Membuat Penjualan Retail di Rusia Meningkat 3%twitter.com/fifaworldcup

Pada penyelanggaraan Piala Dunia 2018, setidaknya 850 juta ruble ($13,5 juta ) atau 1% kepada PDB Rusia. Kontribusi tersebut berasal dari biaya perjalan para suporter yang berada di Rusia.

Selain itu Piala Dunia 2018 di Rusia ini menjadi satu yang paling mahal, dengan peningkatan infrastruktur di seluruh kota dan perombakan 12 stadion di 11 kota penyelenggara. Jumlah suporter yang datang ke Rusia pada gelaran Piala Dunia juga cukup tinggi, sebesar 2,9 juta suporter.

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You