50 Persen Pasien COVID-19 di Tulungagung Adalah Usia Produktif

Klaster keluarga pengaruhi angka pasien perempuan

Tulungagung, IDN Times - Jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung terus bertambah setiap hari. Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 setempat, sebanyak 50 persen pasien berusia produktif, yaitu 21-49 tahun. Sedangkan sisanya merupakan pasien usia anak dan usia lanjut. Secara jenis kelamin, sebanyak 50,1 persen merupakan laki-laki, sedangkan sisanya 49,9 persen merupakan kaum perempuan.

1. Pasien perempuan capai 49,9 persen

50 Persen Pasien COVID-19 di Tulungagung Adalah Usia ProduktifIlustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Tulungagung, Galih Nusantoro menjelaskan tingkat resiko terpapar antara laki-laki dan perempuan hampir sama. Munculnya klaster keluarga yang saat ini terjadi, membuat jumlah pasien perempuan terus bertambah.

Mereka rata-rata terpapar dari pihak keluarga yang mempunyai riwayat perjalanan dari luar kota. "Memang klaster keluarga ini sangat berpengaruh terhadap penambahan pasien berjenis kelamin perempuan," ujarnya, Kamis (17/12/2020).

2. Terpengaruh munculnya klaster keluarga

50 Persen Pasien COVID-19 di Tulungagung Adalah Usia ProduktifIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Lebih lanjut Galih menerangkan, klaster keluarga ini berawal dari adanya salah seorang anggota yang terpapar COVID-19. Pasien ini kemudian menjadi perantara ke anggota keluarga lainnya.

Beberapa kasus pasien terkonfirmasi positif akhir-akhir ini berasal dari klaster tersebut. "Selain ibu anak dalam keluarga tersebut juga terpapar, dan ini menjadi trend di Tulungagung saat ini," terangnya.

Baca Juga: Angka COVID-19 di Tulungagung Meningkat, Lokasi Wisata akan Ditutup

3. Persentase kesembuhan pasien 79,5 persen

50 Persen Pasien COVID-19 di Tulungagung Adalah Usia ProduktifPeta sebaran COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Total jumlah kasus COVID-19 saat ini sebanyak 870 kasus. Dari jumlah tersebut 14 pasien dinyatakan meninggal dunia. Selain itu sebanyak 682 pasien dinyatakan sudah sembuh, sedangkan sisanya masih menjalani perawatan serta isolasi di tempat yang telah ditentukan. Persentase kesembuhan mencapai 79,5 persen.

Baca Juga: Angka COVID-19 di Tulungagung Meningkat, Lokasi Wisata akan Ditutup

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya