Comscore Tracker

9 ASN Kota Blitar Masuk Daftar Penerima Bansos

6 diantaranya mengakui telah menerima bansos

Blitar, IDN Times - Sebanyak 9 ASN di Pemkot Blitar masuk data penerima bansos selama masa pandemik COVID-19. Temuan ini didapatkan setelah BPK melakukan sampling penelitian Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dalam penelitian ini BPK menyandingkan data penerima bansos di yang masuk DTKS dengan database kependudukan. Saat ini Dinas Sosial setempat masih dalam tahap mengklarifikasi dan memproses mengeluarkan mereka dari DTKS.

1. 2 ASN terima BPNT, 4 ASN terima BST

9 ASN Kota Blitar Masuk Daftar Penerima BansosIlustrasi Dana Bansos. IDN Times/ istimewa

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan pihaknya telah melakukan klarifikasi. Hasilnya sebanyak 2 ASN menerima program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), 4 ASN menerima program Bantuan Sosial Tunai (BST), dan 3 lainnya tidak menerima bansos tetapi masuk dalam DTKS. "Temuannya ada 9 ASN yang masuk daftar, tetapi setelah dilakukan klarifikasi 3 orang tidak menerima dana bansos, hanya namanya saja yang masuk," ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Ini Aturan yang Melarang ASN Terima Bansos

2. Sedang dalam proses pengeluaran dari data penerima

9 ASN Kota Blitar Masuk Daftar Penerima BansosIlustrasi Dana Bansos. IDN Times/ istimewa

Pihak Dinsos sendiri menyatakan ke 9 ASN tersebut saat ini dalam proses pengeluaran dari DTKS. Proses tersebut membutuhkan waktu karena menggunakan server dari Kementerian Sosial. Priyo juga masih melakukan klarifikasi lagi terkait berapa bulan mereka menerima bantuan sosial ini. " Sembilan ASN ini sudah menandatangi surat pernyataan dan kami masih belum bertanya secara detil berapa bulan mereka menerima bantuan tersebut," terangnya.

3. Pemkab Blitar lakukan verifikasi faktual

9 ASN Kota Blitar Masuk Daftar Penerima BansosIlustrasi Dana Bansos. IDN Times/ istimewa

Sementara itu Dinsos Pemkab Blitar masih berproses menverifikasi faktual. Plt Kadinsos Pemkab Blitar, Tuti Komaryati menuturkan mereka masih berkoordinasi dengan Kominfo dan Dispendukcapil untuk mengetahui profesi data penerima bansos. "Bisa jadi ada soalnya di Kota Blitar sudah ada temuan, ini masih kita telusuri," pungkasnya.

Baca Juga: Menpan RB: ASN Bukan Golongan Penerima Bansos

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya