Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua Arca

Temukan juga batu bata besar dan bokor sesajen

Tulungagung, IDN Times - Dua buah arca yang diduga merupakan benda cagar budaya, ditemukan oleh Ahsin Azhari (38) warga Desa Banjarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. Arca tersebut ditemukan saat Ahsin hendak membuat kolam ikan, di halaman belakang rumahnya. Selain arca sejumlah benda diduga cagar budaya lain seperti umpak, bokor dan batu bata berukuran besar, juga ditemukan di sekitar lokasi.

1. Alat berat membentur benda saat menggali kolam

Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua ArcaArca yang ditemukan di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Penemuan ini berawal saat sejumlah pekerja membuat kolam ikan dengan menggunakan alat berat pada Selasa (16/2/2021) kemarin. Saat melakukan penggalian alat berat tersebut membentur sebuah benda.

Pekerja lalu melaporkan temuan ini ke Ahsin. Setelah dilakukan pengecekan ternyata benda tersebut merupakan arca. Bagian kaki arca ini patah terkena benturan alat berat. "Saat ditemukan posisi arca dalam keadaan tengkurap, bagian wajah arca di bawah," ujarnya, Rabu (17/2/2020).

Baca Juga: Geger Temuan Arca Dewa Trisula di Bandungan Semarang, Wajah Mengelupas

2. Pembuatan kolam ikan langsung dihentikan

Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua ArcaTumpukan batu bata berukuran besar di lokasi penemuan arca, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Setelah menemukan arca ini, Ahsin meyakini masih ada arca lain. Setelah dilakukan penggalian mereka menemukan satu arca lagi yang berukuran relatif kecil dari sebelumnya.

Selain itu, mereka juga menemukan sejumlah batu bata berukuran besar, serta beberapa benda lain seperti umpak dan bokor tempat sesajen. "Setelah itu proses pembuatan kolam saya hentikan sementara pasca temuan ini," imbuhnya.

3. Serahkan sepenuhnya ke BPCB Jawa Timur

Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua ArcaAhsin Azhari bersama dua arca yang ditemukannya, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ahsin mengaku telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait penemuan ini. Untuk sementara kedua arca tersebut disimpan di rumahnya, sambil menunggu hasil kajian yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Ahsin juga menyerahkan sepenuhnya penemuan ini ke pemerintah. "Apakah nanti akan disimpan disini atau di museum kami menunggu hasil kajian selanjutnya, yang jelas kami menyerahkan kepada ahlinya saja," pungkasnya.

Baca Juga: Dua Fragmen Arca Kala Ditemukan di Halaman Belakang Warga Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya