Dua Pasangan Calon Ikuti Pilkada Kota Blitar 2020

KPU tetapkan dua pasangan calon secara tertutup

Blitar, IDN Times - Pilkada Kota Blitar akan diikuti oleh dua pasangan calon (paslon). Mereka adalah pasangan petahana Santoso-Tjujuk Sunario dan pasangan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto. KPU Kota Blitar telah menetapkan keduanya menjadi kontestan Pilkada 2020.

Proses penetapan tersebut melalui rapat pleno yang dilakukan tertutup. KPU tidak mengundang kedua pasangan ini, maupun perwakilan dari tim pemenangan setiap pasangan.

1. Penetapan secara tertutup sesuai amanat PKPU

Dua Pasangan Calon Ikuti Pilkada Kota Blitar 2020Pasangan Henry Pradipta Anwar - Yasin Hermanto saat mendaftar ke KPU beberapa waktu lalu, IDN Times/ istimewa

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam menerangkan, penetapan pasangan calon secara tertutup itu sesuai amanat PKPU No. 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan di Masa Bencana Nonalam. Penetapan pasangan calon secara tertutup dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

"Kalau dilakukan secara terbuka, kami harus mengundang bakal pasangan calon. Bakal pasangan calon pasti membawa pendukungnya. Makanya, penetapannya kami lakukan secara tertutup untuk menghindari kerumunan," terangnya, Rabu (23/9/2020)

2. Meski tertutup, hasil tetap diumumkan terbuka

Dua Pasangan Calon Ikuti Pilkada Kota Blitar 2020Pasangan Santoso - Tjujuk Sunario saat mendaftar di KPU beberapa waktu lalu, IDN Times/ istimewa

Menurutnya, penetapan pasangan calon secara tertutup bukan berarti disembunyikan. KPU tetap mempunyai kewajiban untuk mengumumkan hasil penetapan pasangan calon ke masyarakat. Selain komisioner KPU, dalam rapat tersebut juga diikuti oleh Bawaslu setempat.

"Tertutup itu artinya penetapan pasangan calon hanya diikuti internal komisioner KPU. Tapi, kami tetap punya kewajiban mengumumkan ke masyarakat. Pengumumannya melalui website dan media sosial KPU," imbuhnya.

Baca Juga: Jangan Bikin Kerumunan! Nomor Urut Paslon Pilkada Disiarkan di YouTube

3. Perketat protokol kesehatan saat pengundian nomor

Dua Pasangan Calon Ikuti Pilkada Kota Blitar 2020Ilustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Setelah memenuhi persyaratan, kedua paslon akan mengikuti pengundian nomor urut yang diselenggarakan besok Kamis (24/9/2020). Proses pengundian nomor urut ini dilakukan secara terbuka dan mengundang pasangan calon. Protokol kesehatan yang ketat juga akan diterapkan dalam tahapan ini.

"Kedua pasangan calon diundang hadir, karena yang mengambil pengundian nomor urut masing-masing pasangan calon," tuturnya.

Baca Juga: Resmi! Dua Pasangan Calon Akan Bertarung di Pilkada Surabaya

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya