Comscore Tracker

Gedung Karantina Pasien COVID-19 di Tulungagung Telah Penuh

Siapkan satu gedung baru untuk lokasi karantina

Tulungagung, IDN Times - Melonjaknya kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung dalam beberapa hari terakhir ini membuat lokasi karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung penuh. Gedung tiga lantai itu mempunyai kapasitas maksimal 55 orang. Data terakhir yang diterima IDN Times, pasien yang dikarantina di lokasi tersebut sudah mencapai 52 orang.

1. Pasien karantina terus bertambah setiap hari

Gedung Karantina Pasien COVID-19 di Tulungagung Telah PenuhAktivitas pasien yang menjalani karantina di gedung Rusunawa IAIN Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Koordinator Tim Tagana, Imam Syafii menjelaskan, jumlah pasien yang menjalani karantina di lokasi ini mengalami penambahan sejak beberapa hari terakhir. Pada awal November lalu, jumlah pasien yang dikarantina tinggal menyisakan tiga orang saja. Namun, setelah itu pasien terus bertambah setiap hari dan puncaknya terjadi beberapa hari lalu.

"Ini seperti pada bulan April dan Juni lalu saat banyak pasien yang dikarantina," ujarnya, Rabu (02/12/2020).

2. Siapkan satu gedung lagi untuk lokasi karantina

Gedung Karantina Pasien COVID-19 di Tulungagung Telah PenuhLokasi karantina baru di gedung Ma'had IAIN Tulungagug, IDN Times/ istimewa

Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pasien yang dikarantina, Gugus Tugas setempat berencana akan menggunakan satu gedung Ma'had milik IAIN Tulungagung. Gedung ini berlokasi di sebelah selatan Rusunawa.

Sebelumnya, gedung tersebut juga pernah digunakan sebagai tempat karantina pasien. Namun, jumlah pasien saat itu terus menurun, sehingga karantina difokuskan di Rusunawa saja.

"Terakhir digunakan sekitar Juli lalu, saat itu pasien yang dikarantina di gedung Ma'had tinggal tiga orang saja, mereka lalu dipindahkan ke Rusunawa," tuturnya.

Baca Juga: Pasien OTG Corona Dikarantina di Rusunawa IAIN Tulungagung

3. Satu kamar akan diisi 2 orang pasien

Gedung Karantina Pasien COVID-19 di Tulungagung Telah PenuhFasilitas kamar di gedung Ma'had IAIN Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Sejumlah persiapan terus dilakukan untuk menyiapkan kembali gedung Ma'had tersebut. Beberapa fasilitas dibenahi dan ditambah. Kapasitas gedung tiga tingkat ini lebih besar dari Rusunawa.

Kamar yang akan digunakan oleh pasien juga disiapkan. Setiap kamar rata-rata terdapat dua ranjang susun. Nantinya tiap kamar akan diisi oleh dua orang pasien.

"Seperti yang lalu, satu kamar rata-rata akan diisi oleh dua pasien," tukasnya.

Baca Juga: Reaktif Rapid Test, 2 ASN Tulungagung Langsung Dikarantina di Rusunawa

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya