Comscore Tracker

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Dinkes Tulungagung Bagikan Telur

Masih masuk wilayah Level 3

Tulungagung, IDN Times - Dinas Kesehatan Tulungagung memberikan 10 butir telur ayam kepada lansia usai menjalani vaksinasi. Program ini merupakan salah satu upaya meningkatkan capaian vaksinasi lansia. Belum tercapainya target vaksinasi lansia ini menjadi ganjalan untuk turun ke Level 2. Sesuai Inmendagri, Tulungagung masih masuk ke dalam Level 3 meski angka kasus COVID-19 menurun.

1. Kendala pada penyakit penyerta yang dialami lansia

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Dinkes Tulungagung Bagikan TelurLansia di Tulungagung mendapatkan suntikan vaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dr Kasil Rohmad menerangkan kendala utama dalam vaksinasi lansia ini adalah faktor kesehatan. Pada usia lanjut mereka mayoritas mempunyai penyakit penyerta yang harus disembuhkan terlebih dahulu sebelum divaksin. Kondisi ini membuat banyak lansia yang tertunda memperoleh vaksin. "Jadi bukan karena faktor ketersediaan vaksin, rata-rata lansia mempunyai komorbid yang harus disembuhkan terlebih dahulu," ujarnya, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Terhempas Angin, Bangunan Joglo di Tulungagung Roboh

2. Capaian vaksinasi lansia masih 28 persen

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Dinkes Tulungagung Bagikan TelurLansia mendapatkan telur usai divaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Capaian vaksinasi lansia saat ini masih berkisar 28 persen. Sesuai peraturan untuk bisa turun ke level 2, capaian vaksinasi lansia minimal 40 persen. Terdapat 12 ribu sasaran untuk mencapai targetan tersebut. Pihak Dinas Kesehatan telah menyaiapkan 120 ribu butir telur, yang akan diberikan kepada lansia usai mendapatkan suntikan vaksin. "Kita mempunyai target 12 ribu lansia untuk memenuhi capaian vaksinasi lansia 40 persen," terangnya.

3. Optimis target terpenuhi minggu ini

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Dinkes Tulungagung Bagikan TelurLansia di Tulungagung mendapatkan suntikan vaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain memberikan telur, mereka juga melakukan upaya lain guna memenuhi capaian target tersebut. Salah satunya dengan mendekatkan layanan vaksinasi kepada lansia. Vaksinasi tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk, namun juga dilakukan di kantor desa. Program ini dinilai efektif. Hal ini berdasarkan capaian vaksinasi harian. Jika sebelumnya rata-rata dalam satu hari terdapat 300 lansia yang divaksin, kini jumlah tersebut bertambah menjadi 800 lansia per hari. "Dengan angka ini kita optimis target vaksinasi 40 persen bisa tercapai dalam minggu ini," pungkasnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Bangun Dermaga dan SPBU di Pantai Sine Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya