Comscore Tracker

Lapas Kediri Temukan Penyelundupan Narkoba dengan Dilempar

Belasan kali mendapat kiriman benda dengan cara dilempar

Kediri, IDN Times - Lapas Klas II A Kediri sering menjadi sasaran upaya penyelundupan benda terlarang termasuk narkotika dengan modus melempar dari luar pagar. Hingga bulan Mei ini, mereka telah menggagalkan 8 upaya penyelundupan. Barang terlarang ini rata-rata tersangkut di kawat pengaman, dan tidak sampai masuk ke dalam lapas. Ironisnya dari jumlah kasus pelemparan itu, tidak ada satu pun yang berhasil terungkap.

Baca Juga: Lapas Jombang Gagalkan Penyelundupan Narkoba Dalam Kemasan Kerupuk

1. Terakhir kali gagalkan penyelundupan Selasa lalu

Lapas Kediri Temukan Penyelundupan Narkoba dengan DilemparIsi benda terlarang dalam paket yang dilempar. IDN Times/ istimewa

Kepala Pengamanan Lapas Kediri, Sastra Irawan menjelaskan terakhir kali kasus pelemparan ini terjadi pada Selasa (18/5/2021) lalu. Petugas menemukan dua bungkusan warna abu-abu ditali rafia yang tergantung pada tembok kawat berduri di sisi selatan. Dua bungkusan itu kemudian diambil menggunakan alat bantu galah besi. Setelah dibuka, bungkusan pertama berisi satu paket kristal putih diduga narkotika jenis sabu seberat 5,10 gram, satu unit handphone warna hitam merah merek Oppo, lima unit hansdfree dan 3 unit kabel data.

Sedangkan Sedangkan bungkusan kedua, berisi satu paket kristal putih diduga narkotika jenis sabu seberat 8.06 gram, satu unit handphone warna hitam merek Xiaomi, satu botol plastik pil double L isi seribu butir.

"Benda tersebut dilempar dari luar pagar dan menyangkut di kawat pengaman," ujarnya, Jumat (21/5/2021).

2. Belasan kali dilempar, 8 di antaranya berisi benda terlarang

Lapas Kediri Temukan Penyelundupan Narkoba dengan DilemparBenda yang terlempar tersangkut di kawat pengaman. IDN Times/ istimewa

Sejak bulan Januari hingga Mei tahun ini, pihak lapas telah menerima barang lemparan dari luar hingga belasan kali. Sastra mengaku lupa angka pastinya namun dari jumlah tersebut terdapat 8 paket yang berisi benda terlarang dalam lapas seperti narkoba dan handphone. Sisanya paket yang dilempar hanya berisi batu bata saja. Semua kasus upaya penyelundupuan ini telah dilaporkan ke Polisi untuk dilakukan penyelidikan. "Semua kasus telah kita laporkan ke polisi untuk di selidiki lebih lanjut," imbuhnya.

3. Tambah jumlah kamera CCTV dan tingkatkan pengawasan

Lapas Kediri Temukan Penyelundupan Narkoba dengan DilemparPagar sisi luar lapas terlalu rendah. IDN Times/ istimewa

Sastra mengaku pagar sisi luar lapas terlalu rendah sehingga banyak diincar untuk menyelundupkan barang terlarang. Kondisi ini memudahkan pelaku untuk melemparkan sesuatu dari luar pagar. Selain itu kamera CCTV yang terpasang juga belum bisa maksimal. Beberapa kendala teknis membuat kamera CCTV sering mengalami kerusakan. "Kita akan segera melakukan perbaikan dan menambah jumlah kamera CCTV yang terpasang," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Tabanan Selundupkan Narkoba dalam Nasi Jinggo ke Lapas Kerobokan

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya