Comscore Tracker

Pemerintah Akan Bangun Dermaga dan SPBU di Pantai Sine Tulungagung

Bantu nelayan tradisional 

Tulungagung, IDN Times - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun sejumlah fasilitas untuk nelayan di Pantai Sine, Desa Kalibatur, kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Fasilitas yang dibangun ini antara lain, dermaga, cold storage, pabrik es dan SPBU. Rencana ini diungkapkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut.

1. Membutuhkan dermaga untuk menurunkan hasil tangkapan

Pemerintah Akan Bangun Dermaga dan SPBU di Pantai Sine TulungagungAktivitas nelayan di Pantai Sine Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Menurut Sakti, pembangunan dermaga menjadi hal paling penting bagi nelayan di wilayah Pantai Sine. Selama ini tidak ada dermaga di pantai tersebut sehingga menyulitkan kapal berukuran besar untuk bersandar.

Mereka tidak bisa mengangkut langsung hasil tangkapan ikan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang tersedia. "Harus dipindahkan dulu ke perahu kecil baru bisa dibawa ke TPI, dermaga dibutuhkan supaya nelayan mudah menurunkan hasil tangkapan," ujarnya, Selasa (19/10/2021).

2. Juga bangun Cold Storage dan pabrik es

Pemerintah Akan Bangun Dermaga dan SPBU di Pantai Sine TulungagungMenteri Kelautan dan Perikanan , Sakti Wahyu Trenggono saat berkunjung ke Pantai Sine Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain itu, mereka juga akan membangun SPBU untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar perahu nelayan. Selama ini, nelayan membeli bahan bakar di SPBU terdekat yang berjarak 20 Km.

Kelangkaan bahan bakar solar yang terjadi saat ini membuat mereka memilih tidak melaut sementara waktu. Cold Storage serta pabrik es juga akan didirikan di wilayah ini. "Itulah bentuk hadirnya pemerintah untuk membantu para nelayan," tuturnya.

3. Juga bangun di spot nelayan tradisional lain

Pemerintah Akan Bangun Dermaga dan SPBU di Pantai Sine TulungagungKawasan Pantai Sine di Kabupaten Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Di kawasan pantai selatan Indonesia ini masih banyak ditemukan spot nelayan tradisional. Pemerintah berencana akan membangun fasilitas serupa di seluruh spot nelayan tersebut. Pembangunan fasilitas ini akan mulai dibangun pada tahun depan. "Mulai dari Aceh hingga Kupang biasa kita sebut sebagai wilayah pengolahan terukur zona 4, dan kita akan berdayakan nelayan tradisional di spot tersebut," pungkasnya,

Baca Juga: Lihat Air Pantai Surut, Warga Pantai Sine Tulungagung Mengungsi 

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya