Comscore Tracker

Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel Lotus Kediri, Pelaku Ditangkap

Penangkapan hasil dari pemeriksaan saksi dan kamera CCTV

Kediri, IDN Times - Satreskrim Polres Kediri Kota menangkap pelaku kasus pembunuhan terhadap YM (17), warga Kota Bandung, Jawa Barat. Pelaku yang diketahui bernama Refi Purnomo (24) warga Kabupaten Tuban ditangkap saat berada di sebuah rumah kos, di wilayah Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Tersangka diketahui baru beberapa bulan tinggal di kos tersebut. Polisi mengaku menembak kaki tersangka karena berusaha kabur saat hendak ditangkap.

1. Penangkapan dilakukan setelah polisi mendalami CCTV dan memeriksa saksi

Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel Lotus Kediri, Pelaku DitangkapTersangka pembunuhan di Hotel Lotus Garden Kediri ditangkap. IDN Times/ istimewa

Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko Prasetyo menuturkan tersangka ditangkap pada Kamis (04/3/2021) sore. Penangkapan tersangka ini berdasarkan pemeriksaan saksi dan hasil kamera CCTV yang ada di sekitar hotel.

Usai melakukan pengembangan dan penyelidikan secara intensif, akhirnya polisi mendapatkan identitas pelaku dan melakukan penangkapan.

"Petugas terpaksa melakukan tindakan tegas terukur karena tersangka berusaha kabur saat hendak ditangkap," ujarnya, Jumat (05/3/2021).

2. Datang ke hotel gunakan jasa ojek online

Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel Lotus Kediri, Pelaku DitangkapTersangka terekam salah satu kamera CCTV di hotel. IDN Times/ istimewa

Dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka diketahui datang ke hotel Lotus Garden tempat korban menginap menggunakan jasa ojek online. Usai membunuh korban, tersangka langsung pulang ke kosnya. Polisi mengetahui identitas tersangka setelah melakukan pemeriksaan terhadap kamera CCTV yang berada di sekitar hotel, termasuk di jalan raya.

"Berawal dari analisa dan penyelidikan anggota terhadap kamera pengawas hotel, pelaku menggunakan jasa ojek online, kemudian kita selidiki akhirnya kita dapatkan identitas pelaku pembunuhan."

Baca Juga: Seorang Terduga Teroris di Kabupaten Kediri Ditangkap Densus

3. Pembunuhan bermotif prostitusi online

Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel Lotus Kediri, Pelaku DitangkapIlustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kediri Kota, AKP Verawati Thaib menjelaskan bahwa pembunuhan ini bermotif prostitusi online. Awalnya, tersangka Refi Purnomo sudah berjanjian dengan korban melalui aplikasi Michat. Dalam percakapan tersebut korban meminta bayaran sebesar Rp700 ribu untuk sekali kencan. Tersangka menyanggupi dan datang ke kamar 421 Hotel Lotus Garden.

Usai melakukan hubungan badan, ternyata tersangka hanya memiliki uang Rp300 ribu. "Sempat terjadi cek cok karena korban berteriak tersangka kemudian menusuk korban dan membekapnya," ujarnya.

3. Jenazah ditemukan pertama kali oleh pacarnya

Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel Lotus Kediri, Pelaku DitangkapPolisi lakukan olah TKP di Hotel Lotus Kediri. IDN Times / istimewa

Sebelumnya jenazah YM (17) ditemukan di dalam kamar 421 hotel Lotus Garden pada Minggu (28/2/2021) lalu. Korban ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusuk. Perempuan muda ini diketahui datang bersama pacar dan keluarga pacarnya.

Mereka check in sekitar pukul 13.00 WIB dan korban ditemukan meninggal pukul 16.45 WIB. Jenazah korban ditemukan oleh pacarnya saat masuk ke dalam kamar.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan di Hotel Lotus Kediri Terekam CCTV, Ini Cirinya

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya