Comscore Tracker

Pilkades di Tulungagung, Pemkab Tambah TPS untuk Hindari Kerumunan

Sebanyak 1.300 personel gabungan dikerahkan

Tulungagung, IDN Times - Sebanyak 14 Desa di 11 Kecamatan di Kabupaten Tulungagng, menggelar Pilkades serentak, Selasa (30/11/2021) besok. Pesta demokrasi ini akan diikuti oleh 35 Calon Kepala Desa. Pelaksanaan Pilkades yang berlangsung dalam suasana pandemik membuat Pemkab membuat sejumlah aturan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan. Salah satunya dengan penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

1. Pemkab anggarkan Rp874 juta

Pilkades di Tulungagung, Pemkab Tambah TPS untuk Hindari KerumunanBupati Tulungagung, Maryoto Birowo, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menerangkan Pemkab telah menganggarkan Rp874 juta untuk kebutuhan Pilkades serentak ini. Berbeda dengan pelaksanaan Pilkades serentak sebelumnya, tahun ini total terdapat 125 TPS yang disediakan.

Biasanya hanya ada satu TPS saja di Balai Desa. "Penambahan TPS ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan, jumlah TPS di tiap desa beragam sesuai dengan jumlah pemilih," ujarnya, Senin (29/11/2021).

2. Minta Calon Kepala Desa jaga situasi kondusif

Pilkades di Tulungagung, Pemkab Tambah TPS untuk Hindari KerumunanCalon Kepala Desa di Tulungagung saat menghadiri Deklarasi Damai. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Maryoto sendiri mengimbau kepada para calon kepala desa, untuk selalu menjaga situasi tetap kondusif pasca pemilihan. Jika ditemukan kecurangan mereka diminta untuk melaporkan ke pihak berwajib. Selain itu para calon kepala desa ini diminta bisa menerima hasil Pilkades ini.

"Jika tidak terima bisa menempuh jalur hukum sesuai dengan ketentuan," tuturnya.

3. Sebanyak 1.300 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan

Pilkades di Tulungagung, Pemkab Tambah TPS untuk Hindari KerumunanCalon Kepala Desa di Tulungagung saat menghadiri Deklarasi Damai. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto menuturkan sebanyak 1.300 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan Pilkades ini. Personel tersebut terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP dan Linmas. Untuk pengamanan ini mereka tidak melibatkan tambahan personel dari luar daerah. "

Kita hanya meminta beberapa daerah sekitar menyiapkan personelnya, jika kita butuh tambahan sewaktu-waktu bisa digunakan," pungkasnya.

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya