Comscore Tracker

Positif COVID-19, Satu Peserta SKB di Tulungagung Ikut Tes Susulan

Protokol kesehatan ketat diterapkan dalam pelaksanaan SKB

Tulungagung, IDN Times - Pemkab Tulungagung menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) penerimaan CPNS 2019. Tes lanjutan yang sempat terhenti karena pandemik corona ini dilaksanakan di Hotel Crown Victoria. Sebanyak 1505 peserta dijadwalkan mengikuti seleksi, yang digelar selama 3 hari ini. Satu peserta tidak dapat mengikuti seleksi dikarenakan positif corona. Peserta tersebut nantinya akan mengikuti tes susulan di Surabaya bulan depan.

1. Sebanyak 1505 peserta mengikuti SKB yang digelar 3 hari

Positif COVID-19, Satu Peserta SKB di Tulungagung Ikut Tes SusulanPeserta SKB diperiksa menggunakan metal detactor oleh petugas. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan seleksi ini dilaksanakan selama tiga hari. Setiap hari sebanyak 500 peserta dijadwalkan mengikuti tes tersebut. Mereka akan dibagi dalam tiga shift pelaksanaan ujian yakni pagi, siang dan sore. Setiap shift terdapat 150an peserta yang mengikuti.

"Kita bagi dalam tiga shift tes setiap hari sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," ujarnya, Senin (28/9/2020).

2. Disiapkan ruang khusus bagi peserta yang suhu tubuhnya tinggi

Positif COVID-19, Satu Peserta SKB di Tulungagung Ikut Tes SusulanPeserta SKB dicek suhu tubuhnya oleh petugas, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Protokol kesehatan yang ketat diterapkan dalam seleksi ini. Peserta akan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu, dan harus menunjukkan surat hasil rapid test ke petugas. Setelah itu mereka diwajibkan untuk mencuci tangan dan mengantre sesuai jarak yang ditetapkan. Bagi peserta yang suhu tubuhnya tinggi, dilarang masuk ke ruang ujian. Mereka disuruh menunggu sebentar dan di cek lagi suhu tubuhnya.

"Jika masih tinggi peserta tersebut akan mengikuti seleksi di lokasi yang berbeda, kita sudah siapkan tempatnya," tuturnya.

Baca Juga: Hamil hingga Kecelakaan, 4 Peserta SKB CPNS di Kabupaten Madiun Absen 

3. Ada 47 peserta mengikuti seleksi di luar kota

Positif COVID-19, Satu Peserta SKB di Tulungagung Ikut Tes SusulanSejumlah peserta mengikuti SKB dari luar kota, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Terdapat satu peserta yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19. Peserta tersebut tidak dapat mengikuti seleksi karena masih dalam proses penyembuhan. Meskipun begitu peserta tersebut diperbolehkan untuk mengikuti seleksi susulan di Surabaya yang akan digelar bulan depan.

Selain itu sebanyak 47 peserta juga mengikuti pelaksanaan seleksi dari luar kota. Mereka berdomisili di luar daerah dan tidak memungkinkan untun mengikuti seleksi di Tulungagung. "Ada 47 peserta yang mengikuti tes dari luar kota, jadwalnya akan disesuaikan dengan kota tersebut," jelasnya.

4. Perebutkan 601 formasi yang tersedia

Positif COVID-19, Satu Peserta SKB di Tulungagung Ikut Tes SusulanPeserta SKB menunjukkan persyaratan ke petugas, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Peserta seleksi ini akan memperebutkan 601 formasi yang dibuka oleh Pemkab Tulungagung. Tenaga Pendidik menjadi formasi terbanyak yang dibutuhkan. Seleksi ini seharusnya digelar pada awal tahun ini. Namun pandemik yang terjadi membuat proses seleksi harus diundur hingga bulan September. "Nantinya akan diambil sesuai jumlah formasi yang tersedia, kami berharap melalui seleksi ini mendapatkan CPNS yang berkompeten sesuai dengan bidangnya," pungkasnya.

Baca Juga: 4.777 Peserta Ikut Tes SKB CPNS, Wajib Bawa Surat Bebas COVID-19

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya