Positif COVID-19, Seorang Bidan di Tulungagung Meninggal Dunia

Sempat dirawat selama enam hari di rumah sakit

Tulungagung, IDN Times - Seorang bidan berinisial STR di Tulungagung meninggal setelah terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien berjenis kelamin perempuan ini merupakan warga Kecamatan Kedungwaru dan menjalani perawatan di RSUD Dr Iskak sejak 12 November 2020 lalu.

Kematian tenaga kesehatan (nakes) usai terkonfirmasi positif COVID-19 ini menjadi yang kedua di Tulungagung. Pada Oktober lalu, seorang perawat juga meninggal akibat terpapar virus corona.

1. Alami gejala sesak napas, demam tinggi, dan batuk kering

Positif COVID-19, Seorang Bidan di Tulungagung Meninggal DuniaIDN Times, ilustrasi virus corona

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad menjelaskan, bidan tersebut berdinas di sebuah puskesmas. Almarhumah sempat mengalami gejala sesak napas.

Sebelumnya, dia juga menderita demam tinggi disertai batuk kering selama dua hari. Pada 13 November, hasil tes swab yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19.

"Hasilnya positif dan pasien sejak tanggal 12 (November) sudah dirawat di Rumah Sakit Dr Iskak Tulungagung," jelasnya, Jumat (20/11/2020).

2. Pemulasaran jenazah pasien sesuai protokol

Positif COVID-19, Seorang Bidan di Tulungagung Meninggal DuniaIlustrasi virus corona, IDN Times/ istimewa

Secara terpisah, Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro menambahkan, setelah menjalani perawatan selama 6 hari, STR meninggal dunia. Dari hasil tracing yang dilakukan oleh petugas, terdapat satu orang kontak erat pasien yang juga dinyatakan positif corona.

"Jenazah pasien kami lakukan pemulasaran dengan standar COVID-19 yang berlaku," imbuhnya.

Baca Juga: Di Tengah Pandemik COVID-19, 4 Warga Tulungagung Meninggal karena DBD

3. Total kasus COVID-19 di Tulungagung capai 524 pasien

Positif COVID-19, Seorang Bidan di Tulungagung Meninggal DuniaPeta sebaran COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Sesuai data terbaru, hingga 20 November 2020, total kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung mencapai 524 pasien. Dari jumlah tersebut, 502 pasien di antaranya dinyatakan sudah sembuh dan 17 lainnya masih menjalani perawatan serta karantina. Sebanyak 5 pasien meninggal dunia, dua di antaranya merupakan nakes. Sementara persentase kesembuhan pasien mencapai 95,8 persen.

Baca Juga: Dampak Long Weekend, Sehari Tambah 471 Kasus COVID-19 di Jatim

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya