Pugar Candi di Tulungagung, BPCB Malah Temukan Struktur Bangunan Lain

Proses pemugaran dan eskavasi akan berjalan bersamaan

Tulungagung, IDN Times - Tim pemugaran Candi Mirigambar di Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung menemukan struktur bangunan di sisi utara candi. Struktur ini ditemukan saat tim sedang menyiapkan gudang penyimpanan sementara, Jumat, (20/2/2021).

Saat sedang menggali tanah mereka menemukan struktur bangunan di kedalaman 40 cm. Diduga kuat struktur ini merupakan bagian dari Candi Mirigambar, yang belum ditemukan sebelumnya.

1. Ditemukan saat mempersiapkan gudang penyimpanan

Pugar Candi di Tulungagung, BPCB Malah Temukan Struktur Bangunan LainStruktur bangunan yang ditemukan di sisi utara Candi Mirigambar, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketua tim pemugaran Candi Mirigambar, Sumaryanto menjelaskan struktur bangunan ini ditemukan di kotak D6, F6 dan F7. Struktur tersebut ditemukan di sebidang tanah milik juru pelihara candi, yang terletak di sisi utara. Awalnya tim ingin membuat gudang penyimpanan sementara.

Gudang tersebut digunakan untuk menyimpan batu candi, yang akan dipugar. "Tapi karena ada temuan ini kami akhirnya harus memindahkan lokasi gudang," ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

2. Lakukan eskavasi untuk melihat bentuk struktur

Pugar Candi di Tulungagung, BPCB Malah Temukan Struktur Bangunan LainStruktur bangunan yang ditemukan di sisi utara Candi Mirigambar, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Temuan struktur ini ditindaklanjuti oleh tim dengan melakukan eskavasi. Mereka membuka sejumlah kotak eskavasi untuk mengetahui bentuk struktur ini. Terdapat sejumlah dugaan terkait bentuk struktur tersebut, di antaranya adalah pagar candi atau candi pendamping.

"Kita belum bisa memastikan bentuk struktur ini, untuk itu eskavasi dilakukan guna mengetahui pasti bentuknya," tuturnya.

Baca Juga: BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan Parwati

3. Libatkan juru pelihara untuk membantu eskavasi

Pugar Candi di Tulungagung, BPCB Malah Temukan Struktur Bangunan LainTim BPCB meninjau lokasi eskavasi di sisi utara Candi Mirigambar, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Adanya temuan ini membuat tim pemugaran mempunyai tugas tambahan. Selain melakukan pemugaran, mereka juga melanjutkan eskavasi terhadap struktur bangunan yang ditemukan ini.

Untuk membantu pekerjaan eskavasi ini, mereka akan melibatkan sejumlah juru pelihar bangunan cagar budaya yang tak jauh dari lokasi. "Jadi pekerjaan pemugaran dan eskavasi ini tetap bisa berjalan beriringan, sejumlah juru pelihara akan kami libatkan untuk membantu proses eskavasi ini," pungkasnya.

Baca Juga: Alami Rusak Berat, Candi Mirigambar di Tulungagung Dipugar BPCB

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya