Ribuan Ibu Hamil di Tulungagung Divaksinasi Akhir Bulan Ini

Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas

Tulungagung, IDN Times - Ribuan ibu hamil di Tulungagung dijadwalkan menerima suntikan vaksin pada 30 Agustus mendatang. Pihak Dinas Kesehatan setempat saat ini masih menunggu kiriman vaksin untuk ibu hamil ini. Sesuai pendataan, ibu hamil masuk dalam kategori kelompok rawan. Mereka akan diprioritaskan agar terlindungi dari penularan virus COVID-19.

1. 2.897 ibu hamil akan disuntik vaksin

Ribuan Ibu Hamil di Tulungagung Divaksinasi Akhir Bulan IniIlustrasi penyuntikan vaksin, IDN Times/ Arief Rahmat

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Sri Lestari Ningsih mengatakan total terdapat 7.580 ibu hamil. Dari jumlah ini yang diperbolehkan untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19 hanya 2.897 orang. Hal ini dikarenakan sesuai petunjuk teknis (juknis) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), vaksin hanya boleh disuntikan pada ibu hamil yang sudah masuk trisemester dua atau tepatnya usia kehamilannya 13 minggu. "Sesuai petunjuk, ibu hamil yang bisa mendapat vaksinasi hanya yang usia kandungannya masuk 13 minggu hingga 33 minggu," ujarnya, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Harga Anjlok, Petani Cabai di Tulungagung Pilih Tak Panen

2. Screening kesehatan ibu hamil lebih ketat

Ribuan Ibu Hamil di Tulungagung Divaksinasi Akhir Bulan IniIlustrasi ibu hamil. IDN Times/ istimewa

Layaknya penerima vaksin lainnya, sebelum di suntik mereka akan menjalani screening kesehatan terlebih dahulu. Pelaksanaan screening bagi ibu hamil lebih ketat. Selain harus dalam kondisi sehat dan fit, tekanan darah tidak boleh melebihi 140 per 90 mmHg. Syarat ini diberlakukan, mengingat bumil termasuk dalam kategori masyarakat rentan. "Lokasi pelaksanaannya nanti bisa di Puskesmas terdekat dengan ibu hamil tersebut," tuturnya.

3. Hanya tiga jenis vaksin yang bisa digunakan untuk ibu hamil

Ribuan Ibu Hamil di Tulungagung Divaksinasi Akhir Bulan IniPetugas menunjukkan vaksin sinovac yang datang, IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Didik Eka Sunarya Putra menjelaskan terdapat tiga jenis vaksin yang dapat disuntikan ke ibu hamil. Yaitu vaksin platform mRNA pfizer, moderna, dan vaksin plastform inactivated Sinovac. “Untuk pelaksanaan di Tulungagung, tergantung yang tersedia apa. Untuk saat ini kami tersedia moderna dan sinovac,” pungkasnya.

Baca Juga: Akhir Tahun Ini Pemkab Tulungagung Miliki Rumah Sakit Baru

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya