Comscore Tracker

Rumah hingga Masjid di Tulungagung Rusak karena Gempa

BPDB masih lakukan pendataan

Tulungagung, IDN Times - Sejumlah bangunan rumah di Kabupaten Tulungagung, mengalami rusak parah terimbas gempa bumi, Sabtu (10/4/2021). Rumah-rumah tersebut diketahui ambruk, sementara lainnya mengalami rusak pada bagian dinding. 

1. Di Desa Gempolan terdapat empat rumah rusak

Rumah hingga Masjid di Tulungagung Rusak karena GempaBangunan di Tulungagung rusak akibat gempa. IDN Times/ istimewa

Perangkat Desa Gempolan, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Suyono mengatakan, di wilayahnya terdapat 4 rumah yang mengalami rusak parah pasca kejadian gempa.

Dinding rumah mengalami retak dan beberapa material bangunan runtuh. Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut. "Kalau korban jiwa Alhamdulillah tidak ada. Namun ada 4 rumah yang mengalami rusak parah," ujarnya, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Gempa Malang Disebabkan Pergeseran Lempeng Indo-Australia

2. BPBD terus melakukan pendataan

Rumah hingga Masjid di Tulungagung Rusak karena GempaBangunan di Tulungagung rusak akibat gempa. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Kalaks Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, Soeroto menuturkan hingga saat ini mereka masih terus melakukan pendataan untuk mengetahui dampak peristiwa gempa ini. Berdasarkan data terakhir tidak terdapat korban jiwa, namun beberapa bangunan mengalami rusak yang cukup parah.

"Bangunan yang rusak ini selain karena gempa juga dikarenakan kualitasnya yang kurang bagus, ini kita masih terus lakukan pendataan," tuturnya.

3. Gempa dirasakan merata di beberapa kota

Rumah hingga Masjid di Tulungagung Rusak karena GempaBangunan di Tulungagung rusak akibat gempa. IDN Times/ istimewa

Peristiwa gempa ini terjadi pada pukul l4.00 WIB dan dirasakan hampir di semua kota di Jawa Timur. Gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter ini terjadin di 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang, di kedalaman 25 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi terjadi Tsunami. Namun getarannya cukup besar dan terjadi lama.

Baca Juga: Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah Rusak

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya