Comscore Tracker

Sah, IAIN Tulungagung Berubah Status Menjadi UIN

Presiden Joko Widodo tanda tangani Perpres perubahan status

Tulungagung, IDN Times - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung resmi berubah menjadi Universitas Islam negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Keputusan peralihan status dari IAIN menjadi UIN itu mengacu disahkannya Peraturan Presiden RI Joko Widodo nomor 40 Tahun 2021 tentang UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diunggah di laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Sekretariat Negara, jdih.setneg.go.id.

Tautan link yang memuat Perpres ini dengan cepat diunduh dan disebar di media sosial. Banyak mahasiswa maupun dosen di kampus ini yang mejadikan peralihan IAIN menjadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini sebagai status akun-akun media sosialnya.

1. Informasi diunggah di laman resmi Setneg

Sah, IAIN Tulungagung Berubah Status Menjadi UINLogo UIN SATU yang menyebar di media sosial. IDN Times/ istimewa

Humas UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Ulil Abshor membenarkan adanya peralihan status ini. Pihak kampus menerima informasi sejak Jumat (28/5/2021) malam. Meskipun begitu Ulil belum bisa merinci tindak lanjut dari peralihan status ini. Alasannya, rilis resmi terkait peralihan status kelembagaan kampus mereka sedang dipersiapkan rektorat. "Semoga dalam waktu dekat bisa kami sampaikan rilisnya," ujarnya, Minggu (30/5/2021).

2. Berubah bersama lima kampus IAIN lain 

Sah, IAIN Tulungagung Berubah Status Menjadi UINGedung perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. IDN Times/ istimewa

Dalam pengumuman yang diunggah pihak Setneg melalui laman jdih.setneg.go.id itu, selain menampilkan Perpres 40 Tahun 2021 tentang UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung juga dilampirkan perpres perubahan atau peralihan status lima kampus Islam di Tanah Air yang dinaikkan menjadi UIN. Kelima kampus tersebut adalah IAIN Jember yang beralih menjadi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, IAIN Samarinda menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta, dan IAIN Purwokerto menjadi UIN Profesor Saifuddin Zuhri Purwokerto.

3. Akan tambah jumlah fakultas yang ada

Sah, IAIN Tulungagung Berubah Status Menjadi UINDosen mengawasi pelaksanaan ujian masuk IAIN Tulungagung secara online. IDN Times/ istimewa

UIN Sayiid Ali Rahmatullah Tulungagung atau yang disingkat menjadu UIN SATU ini bermula dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, kemudian bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, dan kemudian bertransformasi lagi menjadi IAIN Tulungagung pada 2014.

Kampus yang terletak di Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, ini mempunyai sekitar 22 ribu mahasiswa yang tersebar di 48 program studi (prodi), mulai jenjang S-1, S-2 hingga S-3. Selain empat fakultas yang sudah ada untuk jenjang S-1, UIN SATU dipersiapkan untuk menambah tiga fakultas baru. Fakultas Ushuludin yang sudah ada akan dipecah menjadi dua, menjadi Fakultas Humaniora dan Fakultas Ilmu Sosial, ditambah lagi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Science Teknologi.

Baca Juga: 5 Jurusan Paling Diminati di IAIN Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya