Satu Puskesmas di Blitar Terdampak Gempa

Titik gempa di perairan blitar selatan

Blitar, IDN Times - Warga di wilayah Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Kediri juga merasakan guncangan gempa, Jumat (21/5/2021). Berdasarkam keterangan dari BMKG, pusat gempa berada di wilayah perairan Blitar Selatan. Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo ini terjadi di 57 km tenggara Kabupaten Blitar sekitar pukul 19.09 WIB. Sejumlah video yang menunjukkan kepanikan warga menyebar di media sosial.

Baca Juga: BMKG: Gempa Blitar Dipicu Subduksi Lempeng Indo-Australia  

1. Pengunjung pusat perbelanjaan di Blitar berlarian keluar

Satu Puskesmas di Blitar Terdampak GempaScreenshoot warga berlarian saat gempa. IDN Times/ istimewa

Salah seorang warga Blitar, Putri Ramdhani mengaku sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan saat gempa terjadi. Getaran gempa sangat terasa kencang sehingga semua pengunjung pusat perbelanjaan tersebut berlarian keluar. "Guncangannya sangat terasa tadi sehingga banyak pengunjung yang berlarian keluar," ujarnya, Jumat (21/05/2021).

2. Gempa tidak sebesar sebelumnya

Satu Puskesmas di Blitar Terdampak GempaScreenshoot warga berlarian saat gempa. IDN Times/ istimewa

Hal senada juga diungkapkan Rendra, warga Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Meski sempat membuat was-was, namun guncangan gempa ini tidak sebesar sebelumnya. Warga sekitar keluar dari rumah saat gempa terjadi. Tidak ada kerusakam rumah di wilayah tersebut, padahal pada gempa sebelumnya daerah tersebut menjadi yang terparah. "Air di kolam goyangnya tidak terlalu keras dibanding gempa yang lalu," terangnya

3. BPBD Blitar masih pantau laporan

Satu Puskesmas di Blitar Terdampak GempaPuskesmas di Blitar terdampak gempa. IDN Times / istimewa

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik masih belum bisa dikonfirmasi terkait dampak gempa ini. Namun dipastikan sebuah Puskesmas di wilayah Kecamatan Wates terdampak gempa ini. "Masih di jalan ini kita masih lakukan pantauan," pungkasnya. 

Baca Juga: Gempa Blitar Dimutakhirkan Jadi M 5,9, Terjadi 2 Kali Gempa Susulan

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya