Siswa Terjatuh, Persiapan Kejurprov FPTI Tulungagung Terganggu

Lokasi latihan ditutup sementara waktu

Tulungagung, IDN Times - Insiden terjatuhnya siswa SMKN 3 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung saat sedang berlatih panjat tebing membuat persiapan Kejurprov terganggu. Pengcab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tulungagung diketahui sedang menyiapkan atletnya untuk mengikuti Kerjuprov di Probolinggo. Akibat insiden tersebut, lokasi latihan mereka ditutup sementara waktu menunggu proses penyelidikan selesai.

1. Siswa tidak izin latihan ke FPTI

Siswa Terjatuh, Persiapan Kejurprov FPTI Tulungagung TergangguPolisi pasang police line di lokasi panjat tebing. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketua Pengcab FPTI Tulungagung, Aris Setiawan menerangkan papan panjat tebing yang digunakan oleh latihan siswa tersebut merupakan milik FPTI. Selama ini banyak kelompok pecinta alam maupun atlet panjat tebing yang berlatih di tempat tersebut. Sesuai prosedur mereka harus izin terlebih dahulu sebelum berlatih. "Namun yang siswa tadi kami tidak mengetahui karena mereka tidak ada yang izin maupun memberitahu," ujarnya, Minggu (31/10/2021).

Baca Juga: Siswa SMKN di Tulungagung Terjatuh saat Berlatih Panjat Tebing

2. Sedang menyiapkan atlet untuk Kejurporv bulan depan

Siswa Terjatuh, Persiapan Kejurprov FPTI Tulungagung TergangguAtlet FPTI Tulungagung saat sedang berlatih. IDN Times/ istimewa

Pengcab FPTI sendiri diketahui sedang menyiapkan sejumlah atletnya untuk mengikuti Kejurporv di Probolinggu bulan depan. Terdapat 9 atlet berusia 7-13 tahun yang akan dikirim. Insiden ini membuat para atlet dan official serta pelatih merasa trauma. Selain itu lokasi latihan juga ditutup untuk keperluan penyelidikan polisi. "Kita tidak bisa berbuat banyak karena terjadi insiden ini," tuturnya.

3. Rencanakan pindah lokasi latihan

Siswa Terjatuh, Persiapan Kejurprov FPTI Tulungagung TergangguAtlet FPTI Tulungagung saat sedang berlatih. IDN Times/ istimewa

Untuk mempersiapkan atletnya, pihak Pengcab berencana memindahkan lokasi latihan sementara waktu ke kota lain. Mereka akan menggelar latihan untuk persiapan atlet di Kediri maupun Blitar. Hingga saat ini mereka masih melakukan komunikasi bersama pelatih dan orang tua atlet terkait rencana pemindahan latihan ini. "Opsinya ya harus pindah latihan bisa di Kediri atau Blitar, kalau tetap dipaksakan di Tulungagung tidak bisa karena waktu sudah mepet," pungkasnya.

4. Siswa terjatuh saat berlatih panjat tebing

Siswa Terjatuh, Persiapan Kejurprov FPTI Tulungagung TergangguRuang IGD RSUD dr Iskak Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sebelumnya seorang siswa SMKN 3 Boyolangu, terjatuh saat sedang mengikuti latihan panjat tebing di komplek GOR Lembupeteng. Korban terjatuh dari ketinggian 2 meter, saat berusaha mengaitkan pengaman ke titik yang tersedia. Kepala korban membentur besi penyangga papan panjat tebing tersebut. Hingga saat ini korban masih menjalani perawatan intensif di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Baca Juga: Insiden Latihan Panjat Tebing Bukan Kegiatan Ekskul Sekolah

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya