Tahun Depan, Dua Stasiun di Tulungagung Tak Layani Penjualan Tiket

Cegah sebaran virus COVID-19

Tulungagung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia Daop 7 Madiun menghentikan layanan penjualan tiket kereta api lokal, di dua stasiun wilayah Tulungagung. Kedua stasiun tersebut adalah Stasiun Sumbergempol dan Rejotangan. Keduanya tidak akan lagi melayani penjualan tiket mulai 1 Januari 2021. Kebijakan ini dilakukan ileh Daop 7 Madiun, sebagai upaya menekan sebaran virus COVID-19 di lingkup stasiun.

1. Hanya Stasiun Ngunut dan Tulungagung yang layani penjualan tiket

Tahun Depan, Dua Stasiun di Tulungagung Tak Layani Penjualan TiketKereta api melintas di stasiun Rejotangan, IDN Times/ istimewa

Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan hanya ada dua stasiun di wilayah Tulungagung, yang masih melayani penjualan tiket, yakni Stasiun Ngunut dan Stasiun Tulungagung. Kedua stasiun ini hanya melayani penjualan tiket secara go show, atau tiga jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk pemesanan hanya dilayani menggunakan sistem online, melalui aplikasi KAI Acces. "Mulai 1 Januari 2021 penjualan tiket di stasiun yang dilayani hanya go show saja atau tiga jam sebelum keberangkatan, untuk pemesanan kita alihkan ke sistem online," ujarnya, Selasa (15/12/2020).

2. Penutupan juga dilakukan di beberapa stasiun lain

Tahun Depan, Dua Stasiun di Tulungagung Tak Layani Penjualan TiketPetugas di Stasiun Rejotangan, IDN Times/ istimewa

Kebijakan ini mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan No. 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Tranportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dalam aturan tersebut, operator sarana transportasi harus memenuhi ketentuan menjual tiket secara daring serta menjamin penerapan jaga jarak fisik.

Guna mendukung peraturan ini, Daop 7 Madiun memutuskan untuk menutup layanan penjualan tiket di sejumlah stasiun. "Kalau total ada 10 stasiun yang kita tutup meliputi wilayah Blitar, Tulungagung, Kediri dan Jombang," imbuhnya.

Baca Juga: Jalan Sendiri Lalu Anjlok, Gerbong di Stasiun Kota Lama Dievakuasi

3. Masih tetap digunakan untuk naik turun penumpang

Tahun Depan, Dua Stasiun di Tulungagung Tak Layani Penjualan TiketPenumpang saat hendak masuk ke stasiun, IDN Times/ istimewa

Meskipun begitu stasiun yang layanan penjualan tiketnya ditutup ini, masih tetap melayani naik turun penumpang termasuk boarding secara mandiri. Pelanggan hanya memindai bardcode tiket pada scaner yg disediakan, serta menunjukan kartu identitas kepada petugas boarding. "Hanya penjualan tiket saja yang ditutup, kalau naik dan turun penumpang masih bisa dilakukan di stasiun tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Sidak ke Stasiun, Dishub Kota Malang Cek Kesiapan Jelang Long Weekend

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya