Comscore Tracker

Unggah Status Bernada Negatif, Kades di Trenggalek Diprotes Seniman

Seniman merasa dihina dengan unggahan statusnya

Trenggalek, IDN Times - Puluhan pekerja seni dari beberapa daerah di Jawa Timur, mendatangi pendopo Kabupaten Trenggalek. Mereka ingin melakukan klarifikasi terhadap unggahan Bayu Indra Nurdiansyah, Kepala Desa Depok, Kecamatan Panggul, yang dinilai menyakiti hati para seniman tersebut. Melalui akun media sosial Facebook, Bayu mengunggah status yang menghina seniman saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Msyarakat (PPKM) saat ini. Para seniman ini pun diterima langsung oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

1. Minta klarifikasi dan tuntut Bayu meminta maaf

Unggah Status Bernada Negatif, Kades di Trenggalek Diprotes SenimanAudiensi seniman di pendopo Kabupaten Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Salah seorang perwakilan seniman, Yudho Bakiak menerangkan, kedatangan mereka  menuntut Bayu untuk meminta maaf kepada seluruh seniman dan pelaku seni. Unggahan status yang dilakukannya telah menjadi viral dan melukai hati para seniman tersebut. Dalam unggahannya, Bayu menuliskan keluhan para seniman yang terdampak PPKM dengan bahasa yang kasar. "Kedatangan kami untuk mengkalirfikasi dan menuntut Bayu meminta maaf, karena statusnya telah melukai hati para seniman," ujarnya, Selasa (27/7/2021).

2. Emosi saat unggah status, Bayu meminta maaf

Unggah Status Bernada Negatif, Kades di Trenggalek Diprotes SenimanBayu saat meminta maaf dihadapan para seniman. IDN Times/ istimewa

Bayu yang juga hadir dalam audiensi tersebut mengakui kesalahannya dalam mengunggah status di media sosial. Kepala desa ini mengaku menulis unggahan itu dengan kondisi emosi. Status tersbeut diunggah pada Minggu (25/7/2020) sore.

Bayu juga tak menyangka, unggahan itu akan direspons oleh para pekerja seni dari berbagai wilayah. "Saya meminta maaf sebesar-besarnya jika unggahan status saya menyakiti hati para seniman," tuturnya.

Baca Juga: Bikin RS di Pesisir Selatan, Trenggalek Ajukan Pinjaman Rp250 M

3. Pemkab siapkan sanksi untuk Bayu

Unggah Status Bernada Negatif, Kades di Trenggalek Diprotes SenimanAudiensi seniman di pendopo Kabupaten Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Sementara itu Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin akan memberikan sanksi sesuai aturan kepada Bayu. Sanksi yang disiapkan berupa teguran keras hingga pemberhentian sementara. Jika para seniman ini membawa kasus tersebut ke ranah hukum, maka sanksi berupa pencopotan jabatan juga bisa dikenakan.

"Tapi kalau melihat kondisinya seperti ini, sanksi berupa teguran keras dan pemberhentian sementara kami siapkan," pungkasnya.

Baca Juga: Dibantu BPCB, Trenggalek Akan Boyong Prasasti Kamulan dari Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya