Vaksinasi di Kota Kediri Ditargetkan Rampung dalam 10 Hari

Besok proses vaksinasi akan dimulai

Kediri, IDN Times - Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kota Kediri, ditargetkan selesai dalam waktu 10 hari. Terdapat 9 Puskesmas dan 6 rumah sakit swasta dan negeri yang sudah siap untuk melakukan vaksinasi.

Proses vaksinasi direncanakan akan dimulai Kamis (28/1/2021) besok. Pada tahap pertama ini, mereka akan fokus memberikan vaksin terhadap tenaga kesehatan yang sudah teregistrasi. Selanjutnya, untuk tahap kedua, vaksin diberikan kepada pekerja layanan publik, seperti kepolisian dan Satpol PP. Sesuai jadwal, proses vaksinasi ini akan dilakukan bertahap hingga tahun 2022 mendatang.

1. Wali Kota Kediri dan Forkopimda telah disuntik vaksin

Vaksinasi di Kota Kediri Ditargetkan Rampung dalam 10 HariWalikota Kediri menerima suntikan vaksin,IDN Times /Bramanta
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama jajaran Forkopimda dan perwakilan tokoh agama, menerima suntikan vaksin untuk pertama kali. Penyuntikan ini berlangsung di Balai Kota setempat. Usai menerima suntikan, Mas Abu, panggilan akrab Abdullah Abu Bakar, memastikan kondisinya sehat dan tidak terdapat gejala apapun pasca pemberian vaksin Sinovac ini.
Pihaknya juga meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal. Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir karena telah diuji coba dan mendapatkan rekomendasi dari berbagai pihak seperti MUI dan BPPOM.
"Ini kami yang mendapatkan vaksin pertama sudah merasakannya, tidak ada efek samping, bahkan saya sebelum di vaksin dalam kondisi belum sarapan dan aman," ujarnya, Rabu (27/1/2021).
 

2. Pantau kondisi kesehatan penerima vaksin pertama

Vaksinasi di Kota Kediri Ditargetkan Rampung dalam 10 HariWalikota Kediri tunjukkan sertifikat,IDN Times/Bramanta

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adhima menjelaskan mereka yang sudah menerima suntikan vaksin perdana ini, masih akan terus dipantau kondisi kesehatannya. Setiap orang akan menerima satu vial vaksin, dengan dosis mencapai 1 cc.

Untuk memenuhi target vaksinasi, pihak Dinas Kesehatan sudah menyiapkan 9 Puskesmas dan 6 rumah sakit swasta dan umum. Calon penerima vaksin nantinya akan mendapatkan pesan singkat dan diarahkan ke fasilitas kesehatan terdekat. "Ratusan vaksinator sudah siap, fasilitas kesehatan juga siap untuk melakukan vaksinasi," tutrnya.

Baca Juga: Korban Sriwijaya Air Tiba di Kediri, Dimakamkan Satu Liang

3. Vaksinasi berjalan sesuai jadwal meski vaksin kurang

Vaksinasi di Kota Kediri Ditargetkan Rampung dalam 10 HariIlustrasi penyuntikan vaksin, IDN Times/ Arief Rahmat
Untuk tahap pertama ini, terdapat 4.782 tenaga kesehatan yang akan menerima suntikan vaksin sinovac. Sedangkan jumlah vaksin yang telah tiba sebanyak 3.680 vial. Vaksin tersebut kini disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan setempat. Proses vaksinasi akan tetap berjalan sesuai jadwal, meskipun jumlah vaksin yang datang masih kurang.
 
Mereka telah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk pengiriman tambahan vaksin ini. "Mulai besok kita lakukan vaksinasi tahap pertama, kita akan fokus ke tenaga kesehatan terlebih dahulu," pungkasnya.
 

Baca Juga: Ada 5000 Nakes, Kota Kediri Baru Terima 3680 Vaksin Sinovac

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya