Comscore Tracker

Viral Wali Kota Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Turun Tangan

5 Saksi telah diminta keterangan

Blitar, IDN Times - Viralnya video Wali Kota Blitar, Santoso, bernyanyi tanpa mengenakan masker dan tidak memperhatikan protokol kesehatan mendapat respon dari Polres Blitar Kota. Mereka telah meminta keterangan terhadap lima orang saksi yang hadir dalam acara syukuran pelantikan ini.

"Berkaitan dengan adanya video dan berita viral pelanggaran protokol kesehatan, kami telah melakukan pemeriksaan lima orang yang terdiri atas panitia, relawan dan seorang petugas Satgas COVID-19," ujar Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, Senin (08/3/2021). Polisi juga telah melakukan identifikasi di lokasi syukuran sebelum melakukan gelar perkara. 

1. Lakukan pengambilan sampel swab

Viral Wali Kota Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Turun TanganLokasi pengambilan sampel swab di Kota Blitar. IDN Times/ istimewa

Tak hanya itu, seluruh orang yang terlibat di lokasi juga dilakukan tes swab guna memastikan apakah ada yang terpapar COVID-19 atau tidak. Relawan yang ikut dalam acara syukuran pelantikan tersebut diminta untuk datang ke Puskesmas dan melakukan pemeriksaan tes swab.

"Hari ini swab terhadap peserta yang hadir. Jadi, nanti satgas kemudian tim operasi yustisi akan melakukan pemantauan dan pengawasan kegiatan itu. Pelaksanaan di puskesmas," imbuhnya.

2. Segera lakukan gelar perkara

Viral Wali Kota Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Turun TanganLokasi berlangsungnya acara syukuran . IDN Times/ istimewa

Terkait penanganan kasus ini, polisi tidak mau gegabah. Mereka masih akan melakukan gelar perkara terhadap kasus tersebut. Semua peserta yang hadir termasuk penyanyi, akan dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

"Rencananya kami panggil seluruh peserta, yang menyanyi juga. Kami akan gelar perkara dulu, nanti perkembangan lebih lanjut disampaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Pria di Blitar ditemukan Tewas di Dalam Tokonya

3. Santoso akui sosok dalam video tersebut

Viral Wali Kota Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Turun TanganScrenshoot Walikota Blitar, Santoso saat bernyanyi. IDN Times/ istimewa

Sebelumnya video Wali Kota Blitar Santoso, sedang bernyanyi tanpa masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan viral di jagad maya. Video berdurasi 4 menit 28 detik ini juga banyak menyebar di grup WhatsApp. Santoso sendiri mengaku sosok dalam video tersebut adalah dirinya.

Namun Santoso membantah melanggar protokol kesehatan, karena jumlah yang hadir juga dibatasi. Video tersebut merupakan acara syukuran pelantikan bersama para relawan, yang digelar Jumat (26/2/2021) lalu.

Kejadian ini dinilai sangat bertolak belakang dengan kondisi COVID-19 di Kota Blitar. Hingga Minggu (7/3) tercatat ada 2.153 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah tersebut yang isolasi di rumah sakit ada 24 orang, isolasi di rumah ada enam orang, yang meninggal dunia ada 97 orang, lainnya sembuh dan ada beberapa yang pasien rujukan dari rumah sakit lainnya.

Baca Juga: Video Bernyanyi Tanpa Masker Viral, Walkot Blitar: Cuma Sebentar

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya