Siswi Asal Tulungagung Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka di Istana

Ia kembali dipanggil lantaran tak ada seleksi tahun ini

Tulungagung, IDN Times - Dhea Lukita Andriana, siswi SMAN 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung, kembali terpilih sebagai anggota Paskibraka di Istana negara. Siswi kelas XII ini sebelumnya mewakili Jawa Timur sebagai anggota Paskibraka di Istana negara tahun lalu.

Pandemik corona yang terjadi saat ini membuat pemerintah meniadakan proses seleksi, dan memutuskan memanggil sejumlah anggota Paskibraka tahun lalu. Tidak semua anggota di panggil kembali, hanya ada 8 orang yang dipilih untuk bertugas kembali tahun ini.

1. Tahun ini hanya ada 8 anggota Paskibraka

Siswi Asal Tulungagung Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka di IstanaDhea Lukita Andriana terpilih anggota Paskibraka kembali, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Ditemui di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Dhea mengaku mendapat pemberitahuan ini pekan lalu. Delapan orang anggota paskibraka yang terpilih ini terdiri dari 3 perempuan dan 5 laki laki. Untuk anggota perempuan perwakilan dari Jawa Timur, Aceh dan Sumatera Utara. Sedangkan anggota laki laki perwakilan dari NTB, Bali, Sulawesi Tengah, Bengkulu dan Kalsel.

Setelah mendapat pemberitahuan, Dhea langsung melakukan sejumlah persiapan mulai dari latihan fisik hingga melakukan tes swab. "Tahun lalu saya bertugas sebagai tim 17 upacara penurunan bendera," ujarnya, Senin (03/7/2020).

2. Harap bertugas pagi hari

Siswi Asal Tulungagung Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka di IstanaDhea Lukita Andriana saat bertugas tahun lalu, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Meskipun ini merupakan kali kedua bertugas, namun Dhea mengaku masih nerveos. Hal ini dikarenakan pelaksanaan upacara peringatan hari Kemerdekaan akan berlangsung berbeda. Delapan orang anggota Paskibraka akan dibagi menjadi dua tim, yakni tim yang bertugas pengibar bendera dan penurunan. Setiap tim terdiri dari tiga orang yang bertugas dan satu cadangan. Dhea sendiri masih akan mengetahui posisi bertugasnya, pagi hari jelang pelaksanaan upacara. "Saya berharap bertugas pagi hari saat upacara pengibaran bendera," imbuhnya.

Baca Juga: Suasana Bangga dan Haru Warnai Pembubaran Paskibraka Kota Malang

3. Pemkab siapkan reward

Siswi Asal Tulungagung Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka di IstanaDhea Lukita Andriana berpamitan kepada Bupati Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Raihan prestasi yang diperoleh Dhea ini mendapatkan apresiasi dari Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. Menurutnya apa yang sudah diraih Dhea ini menunjukkan bahwa cita cita bisa diraih dengan ketekunan. Para pelajar diminta untuk menjadikan Dhea sebagai contoh pelajar di kota kecil yang sukses mewakili daerah. Reward atas prestasi Dhea juga sudah disiapkan. " Ini merupakan kebanggaan kita, pelajar kita terpilih kembali untuk menjadi Paskibraka di tingkat nasional," pungkasnya.

 

Baca Juga: Bangga! Anak Siantar Kembali Terpilih Menjadi Paskibraka Nasional 2020

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya