WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung

Lima PDP masih menjalani perawatan di ruang isolasi

Tulungagung, IDN Times - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Iskak, Tulungagung. Pasien berjenis kelamin perempuan ini mengalami panas dan batuk serta gejala pneumonia. Pasien ini diketahui merupakan seorang backpacker yang sedang berwisata di kawasan Pantai Sanggar, Kecamatan Tangunggunung, Kabupaten Tulungagung.

1. Hasil rontgen diketahui pasien mengalami gejala pneumonia

WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak TulungagungRuang isolasi RSUD Dr Iskak. IDN Times/Bramanta Pamungkas.

Wakil Direktur RSUD Dr Iskak Kasil Rokhmad menjelaskan, WNA berinisial IG (53) awalnya dibawa oleh warga sekitar pantai ke Puskesmas Tanggunggunung. Warga mengetahui bahwa pasien dalam kondisi sakit panas dan batuk. Pasien kemudian dirujuk ke RSUD pada Jumat malam (20/3). Dari hasil rontgen, diketahui pasien tersebut mengalami gejala pneumonia.

“Pasien hingga saat ini masih kami rawat di ruang isolasi dan sudah kami ambil sampel swab-nya,” ujarnya, Minggu (22/3).

2. Dua pasien lain juga dirawat di ruang isolasi, satu masih bayi

WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak TulungagungPerawat melihat kondisi pasien terduga corona, IDN Times / istimewa

Selain WNA, pihak rumah sakit juga menerima dua pasien lain yang dirawat di ruang isolasi. Salah satu pasien merupakan bayi berusia 5 bulan asal Kediri yang mengalami gejala batuk dan sesak napas. Sedangkan satu pasien lagi merupakan warga Tulungagung yang mempunyai riwayat bertemu dengan seseorang dari negara terpapar corona, Taiwan, dalam sebuah hajatan pernikahan.

“Semua kami perlakukan sama dan berstatus sebagai PDP (pasien dalam pengawasan),” imbuhnya.

Baca Juga: RSUD Dr Iskak Tulungagung Sosialisasikan Pembuatan Hand Sanitizer

3. Saat ini rawat 5 PDP

WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak TulungagungRSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times /Istimewa

Sebelumnya RSUD Dr Iskak telah merawat 4 PDP. Dua pasien asal Tulungagung dinyatakan negatif corona dan sudah pulang. Dengan tambahan 3 pasien baru ini, saat ini terdapat 5 PDP yang masih menjalani perawatan. Semua pasien telah diambil sampel swab-nya dan dikirim ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

“Kami tinggal menunggu hasilnya. Sejauh ini masih belum ada temuan kasus positif corona di Tulungagung,” jelas Kasil.

Baca Juga: RSUD Dr Iskak Tulungagung Terima 3 Pasien Baru Terduga Corona

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya